Text
TESIS:Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Al-Qur’anHadis Peserta Didik Melalui Penerapan Strategi Learning Starts With a Question pada Kelas XC di Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Maros
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi pembelajaran learning
starts with a question dalam pembelajaran Al-Qur’an-Hadis pada kelas XC di
Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Maros, mengetahui peningkatan keaktifan belajar
Al-Qur'an-Hadis peserta didik melalui penerapan strategi learning starts with a
question pada kelas XC di Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Maros, dan mengetahui
Peningkatan prestasi belajar Al-Qur'an-Hadis peserta didik melalui penggunaan
strategi learning starts with a question pada kelas XC di Madrasah Aliyah DDI
Cambalagi Maros.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas 3 siklus
dengan 4 kali tatap muka, dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XC
Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Maros, berjumlah 31 orang. Pengumpulan data
dilakukan dengan instrumen observasi, tes prestasi dan dokumentasi. Analisis data
kuantitatif dilakukan secara statistik deskriptif, dan data kualitatif yang merupakan
data pendukung dianalisis melalui tahapan reduksi data, pemaparan data, dan
penyimpulan hasil analisis.
Hasil penelitian ini menunjukkan keaktifan dan prestasi belajar Al-Qur'anHadis peserta didik melalui penerapan strategi learning starts with a question pada
kelas XC Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Maros berhasil meningkat. Indikator
keberhasilan ini terlihat dari adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik
secara klasikal pada siklus I 64%, dan 94% pada siklus II. Demikian pula peningkatan
ketuntasan belajar pada siklus I 64% dan 87% pada siklus II.
Setelah terbukti bahwa strategi Learning starts With a Question efektif
dalam meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik maka penelitian ini
berimplikasi pada perlunya pengembangan strategi Learning Starts With a Question
dalam pembelajaran Al-Qur'an-Hadis di Madrasah Aliyah DDI Cambalagi Maros,
perlu pemasyarakatan strategi Learning Starts With a Question kepada guru-guru,
dan perlu dikembangkan penelitian lebih lanjut tentang strategi ini.
Tidak tersedia versi lain