l Qur’a>ni> dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi Sinjai". Penelitian ini dibahas dengan submasalah: (1) Bagaimana gambaran metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam Al-Qur'an. (2) Bagaimana penerapan metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi Sinjai. (3) Bagaimana dampak edukatif metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi Sinjai. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan: pedagogik, psikologis, historis, dan teologis normatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan analisis kualitatif-interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, gambaran metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam Al-Qur'an adalah 1. Materinya singkat, jelas dan mudah diterima akal, 2. Sebagai pelajaran, dan alat berpikir bagi manusia, 4. Mengembangkan aspek moral, 5. Memberi petunjuk untuk melakukan kebajikan, dan melarang untuk melakukan kemungkaran, 6. Contoh-contoh perumpamaannya ditamsilkan dengan benda-benda nyata yang selalu dilihat. Penerapan metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan memperhatikan hal-hal: 1. Prinsip penerapan metode ams\a>l Qur'a>ni> adalah mudah, efisien dan efektif, 2. Langkah-langkah penggunaan metode ams\a>l Qur'a>ni>: langkah persiapan, langkah pelaksanaan, langkah evaluasi dan langkah tindak lanjut. Dampak edukatif metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah: 1. Membiasakan peserta didik berpikir analogis, 2. Dapat memotivasi peserta didik, 3. Membantu peserta didik meningkatkan konsentrasi, 4. Dapat menumbuhkan ketaatan dan rasa percaya diri peserta didik di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi Sinjai." /> l Qur’a>ni> dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manip..."> l Qur’a>ni> dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manip..."/>
Text
TESIS:Penerapan Metode Ams\a>l Qur’a>ni> dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi Sinjai
Tesis ini berjudul "Penerapan Metode Ams\a>l Qur’a>ni> dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus
Shafaa Manipi Sinjai". Penelitian ini dibahas dengan submasalah: (1)
Bagaimana gambaran metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam Al-Qur'an. (2) Bagaimana
penerapan metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam pembelajaran mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi Sinjai. (3)
Bagaimana dampak edukatif metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam pembelajaran mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi
Sinjai.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif, dengan menggunakan pendekatan:
pedagogik, psikologis, historis, dan teologis normatif. Sumber data dalam
penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik
pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan
data dengan analisis kualitatif-interpretatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, gambaran metode ams\a>l Qur'a>ni>
dalam Al-Qur'an adalah 1. Materinya singkat, jelas dan mudah diterima akal,
2. Sebagai pelajaran, dan alat berpikir bagi manusia, 4. Mengembangkan aspek
moral, 5. Memberi petunjuk untuk melakukan kebajikan, dan melarang untuk
melakukan kemungkaran, 6. Contoh-contoh perumpamaannya ditamsilkan
dengan benda-benda nyata yang selalu dilihat. Penerapan metode ams\a>l
Qur'a>ni> dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilakukan dengan
memperhatikan hal-hal: 1. Prinsip penerapan metode ams\a>l Qur'a>ni> adalah
mudah, efisien dan efektif, 2. Langkah-langkah penggunaan metode ams\a>l
Qur'a>ni>: langkah persiapan, langkah pelaksanaan, langkah evaluasi dan langkah
tindak lanjut. Dampak edukatif metode ams\a>l Qur'a>ni> dalam pembelajaran
Pendidikan Agama Islam adalah: 1. Membiasakan peserta didik berpikir
analogis, 2. Dapat memotivasi peserta didik, 3. Membantu peserta didik
meningkatkan konsentrasi, 4. Dapat menumbuhkan ketaatan dan rasa percaya
diri peserta didik di Madrasah Aliyah Darus Shafaa Manipi Sinjai.
Tidak tersedia versi lain