Text
TESIS:Pengaruh Pengelolaan Kelas terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran al-Qur’a>n Hadis di MAN Masamba
Tesis ini membahas tentang pengaruh pengelolaan kelas terhadap
peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’a>n Hadis di MAN
Masamba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data objektif di
lapangan tentang penerapan pengelolaan kelas guru al-Qur’a>n Hadis, untuk
mengungkapkan hasil belajar siswa, dan untuk menganalisis pengaruh pengelolaan
kelas terhadap peningkatkan hasil belajar siswa di MAN Masamba.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif melalui analisis korelasi,
yaitu untuk menguji besarnya hubungan yang ditunjukkan oleh variabel pengelolaan
kelas (X) dengan hasil belajar siswa (Y). Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan teologis normatif, yuridis, manajemen, pedagogis, dan psikologis.
Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, angket,
wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sampel dalam penelitian ini
yaitu 30 orang siswa. Pengolahan data menggunakan analisis product moment,
yakni dengan menghitung korelasi hasil angket dengan nilai rapor semester genap
Tahun pelajaran 2010/2011. Hasil korelasi selanjutnya dihitung dengan thitung untuk
menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru mata pelajaran
al-Qur’a>n-Hadis MAN Masamba masih belum maksimal. Hal ini didasarkan pada
hasil penelitian, 25 dari 30 responden atau 83,3% memberikan skor nilai dengan
kategori sedang. Hasil belajar siswa berada pada kategori sedang hal ini didasarkan
pada persentase tertinggi nilai yang didapatkan siswa berada nilai 71-80 dengan
kategori sedang. Adapun analisis pengaruh dari pengelolaan kelas terhadap hasil
belajar siswa terhadap mata pelajaran al-Qur’a>n-Hadis dapat dilihat pada harga
koefisien korelasi yaitu 0,823. Jika hasil perhitungan dibandingkan dengan tabel pada
tingkat kepercayaan 95% (α = 5%) yakni sebesar 2,10 lebih kecil dari thitung sebesar
7,76, ini berarti hipotesis yang diajukan (Ha) diterima yaitu ada pengaruh dari
pengelolaan kelas guru al-Qur’a>n Hadis terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran al-Qur’a>n Hadis di MAN Masamba
Implikasi dari penelitian ini diharapkan kepada setiap pendidik dalam
proses pembelajaran menerapkan pengelolaan kelas dengan baik agar suasana
pembelajaran menjadi kondusif sehingga siswa dapat memperoleh hasil belajar
yang memuaskan. Kemudian unsur pimpinan dalam hal ini Kepala Madrasah
mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kepribadian,
kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesionalime guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.
Tidak tersedia versi lain