Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Penerapan Kompetensi Guru dan Penggunaan Sumber Belajar
dalam Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an-Hadis di Pesantren
Pondok Madinah Makassar
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Penerapan Kompetensi Guru dan Penggunaan Sumber Belajar dalam Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an-Hadis di Pesantren Pondok Madinah Makassar

Alamsyah Halim - Nama Orang;

Tesis ini berkenaan dengan penerapan kompetensi guru dan penggunaan
sumber belajar dalam pembelajaran Al-Qur'an-Hadis. Merujuk ke hal tersebut maka
tujuan penelitian ini adalah: 1) mengemukakan proses penerapan kompetensi guru
dan sumber belajar Al-Qur'an-Hadis; 2) mengungkapkan faktor-faktor pendukung
dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an-Hadis; 3)
menggambarkan hasil proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an-Hadis.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan yuridis,
teologis normatif, pedagogis, dan psikologis. Subjek dalam penelitian ini adalah guru
Al-Qur’an-Hadis, siswa, dan kepala sekolah. Pengumpulan datanya diperoleh dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis
dengan analisis kualitatif interpretatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kompetensi guru Al-Qur’an-Hadis
telah memadai dengan kualitas baik. ini berarti guru Al-Qur'an-Hadis tersebut telah
mempunyai kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional, dan interaksi sosial
yang baik. Namun, setelah di crosscheck, penerapannya dalam pembelajaran belum
berjalan maksimal. Sedangkan sumber belajar yang tersedia tergolong belum
memadai dan pemanfaatannya belum efektif karena alat pendukung dan keterbatasan
kemampuan guru dalam mengoperasikan sumber belajar, 2) Pesantren Pondok
Madinah Makassar memiliki aset yang menjadi faktor pendukung dalam penerapan
kompetensi guru dan penggunaan sumber belajar Al-Qur'an-Hadis, yaitu: a) guru
yang telah disertifikasi, b) memiliki asrama/pondokan, c) tersedianya kelas
multimedia sederhana. Namun di sisi lain memiliki faktor penghambat, yaitu: a)
penerapan kompetensi, b) keterbatasan sumber belajar, c) kondisi buku-buku di
perpustakaan kurang relevan, d) keterbatasan kemampuan guru Al-Qur'an-Hadis
dalam memanfaatkan media pembelajaran yang berbasis teknologi. 3) pada dasarnya
pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an-Hadis (penerapan kompetensi guru dan sumber
belajar) di Kelas VIII Pesantren Pondok Madinah Makassar sudah berjalan dengan
baik, tetapi ada beberapa hal yang seharusnya menjadi perhatian, yaitu: a) dalam
kegiatan pra pembelajaran; guru belum melakukan pretest terhadap materi yang akan
diajarkan, b) dalam kegiatan inti pembelajaran; pada umumnya, kegiatan pelaksanaan
pembelajaran berjalan dengan baik, tetapi belum maksimal, c) kegiatan penutup;
dalam menutup pembelajaran, guru tidak melakukan penilaian terhadap pelaksanaan
yang telah dilakukan,xv
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) diharapkan kepada guru untuk
melaksanakan dengan baik desain pembelajaran yang telah dirancang, 2) hendaknya
guru mengarahkan pembelajaran ke pengembangan potensi siswa, 3) guru diharapkan
untuk terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan keterampilan berbasis
teknologi.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X1
80100209015
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X1
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : ILMU AL-QUR'AN DAN TAFSIR., 2011
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X1
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?