Text
TESIS:Pengaruh Metode Ceramah dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an-Hadis pada Peserta Didik MTsN Kapita Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto
Tesis ini membahas tentang Pengaruh Metode Ceramah dalam Meningkatkan
Prestasi Belajar al-Qur’an-Hadis pada Peserta Didik MTsN Kapita Kecamatan
Bangkala Kabupaten Jeneponto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data
objektif di lapangan tentang gambaran penggunaan metode ceramah, untuk
mengungkapkan prestasi belajar peserta didik, dan untuk menganalisis pengaruh dari
penggunaan metode ceramah dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik
MTsN Kapita Kecamatan Bangkala Kabupaten Jeneponto.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat
kuantitatif dan dipadukan dengan penelitian deskriptif. Pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan yuridis, pedagogis, dan psikologis. Metode yang digunakan dalam
pengumpulan data adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang
menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu 24 orang peserta didik dan 1 orang guru.
Pengolahan data menggunakan analisis product moment, yakni dengan menghitung
korelasi hasil angket dengan nilai harian semester genap Tahun pelajaran 2010/2011.
Hasil korelasi selanjutnya dihitung dengan thitung untuk menguji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode ceramah oleh guru
bidang studi al-Qur’an-Hadis sudah berjalan dengan baik. Hal ini didasarkan pada
kemampuan guru dalam menerapkankan metode tersebut dengan pertimbangan
berbagai aspek. Sedangkan prestasi belajar peserta didik mencapai 79,58. Adapun
analisis pengaruh dari penggunaan metode ceramah terhadap prestasi belajar bidang
studi al-Qur’an-Hadis dapat dilihat pada harga koefisien korelasi yaitu 0,553. Jika
hasil perhitungan dibandingkan dengan tabel pada tingkat kepercayaan 95% (α = 5%)
yakni sebesar 2,074 lebih kecil dari thitung sebesar 7,062, ini berarti hipotesis yang
diajukan (Ha ) diterima yaitu ada pengaruh dari penggunaan metode ceramah terhadap
prestasi belajar al-Qur’an-Hadis pada peserta didik MTsN Kapita Kecamatan
Bangkala Kabupaten Jeneponto.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan setiap pendidik dalam proses
pembelajaran tidak terfokus pada pemakaian satu metode saja melainkan
mengkombinasikan dengan metode lainnya serta penggunaan media sebagai alat
bantu bagi peserta didik dalam rangka memperoleh pengalaman dan hasil belajar
yang memuaskan. Kemudian unsur pimpinan dalam hal ini Kepala Madrasah
mengadakan berbagai pelatihan untuk meningkatkan kompetensi kepribadian,xv
kompetensi pedagogik, dan kompetensi profesionalime guru dalam menjalankan
tugasnya sebagai pendidik.
Tidak tersedia versi lain