Text
TESIS:Pengaruh Labelisasi Halal dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Makanan Dalam Kemasan Pada Mahasiswa FKIP Unasman
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1). Untuk mengetahui apakah terdapat
pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian produk makanan dalam
kemasan pada mahasiswa FKIP Universitas Al-Asy’ariah Mandar. 2).Untuk
mengetahui apakah terdapat pengaruh kualitas layanan terhadap keputusan pembelian
produk makanan dalam kemasan pada mahasiswa FKIP Universitas Al-Asy’ariah
Mandar
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Field Research kuantitatif. Untuk
itu, penelitian ini mengukur variabel-variabel yang ada dengan mewujudkannya
dalam bentuk nilai atau angka. Angka-angka tersebut selanjutnya di analisis
hubungannya antara variabel yang satu dengan variabel yang lain. Data dari
responden yang sifatnya kualitatif akan dinyatakan dalam bentuk angka sehingga
dapat diolah secara statistik hubungan atau pengaruh variabel bebas terhadap
variabel terikat
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Labelisasi Halal berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian makanan dikonfirmasi pada table 4.14. Ditunjukkan
bahwa nilai koefisien regresi variabel libelisasi adalah 0,983 dan nilai thitung 31,
871. Nilai koefisien regresi ini signifikan pada tingkat signifikansi 0,05 dengan p
value sebesar 0,00. Hasil ini menjelaskan bahwa nilai koefisien regresi variabel
labelisasi halal berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian makanan.
Sementara Tabel 4.12 t menunjukkan bahwa nilai koefisien regresi variabel Kualitas
Layanan adalah 0,913 dan nilai thitung 14,321. Nilai koefisien regresi ini signifikan
pada tingkat signifikansi 0,05 dengan p value sebesar 0,000. Hal ini
menginterpretasikan bahwa variabel kualitas layanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian makanan. Dan tidak ada perbedaan rata-rata
yang signifikan baik mahasiswa muslim maupun non muslim dalam melakukan
keputusan pembelian makanan yang berlabel halal pada mahasiswa Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Al-Asy’ariah Mandar
Implikasi pada penelitian ini adalah, 1) Menghimbau kepada para pedagang
makanan yang selama ini memasarkan produk makanan didalam kampus Universitas
al-As’yariah Mandar agar memperhatikan setiap produk makanan dalam kemasan
yang ia pasarkan. 2). Kepada para pengelola minimarket agar senantiasa
memperhatikan setiap produk yang akan dipasarkan dan memperhatikan dampak
kesehatan yang akan dialami oleh para konsumen
Tidak tersedia versi lain