Text
TESIS:Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Penggunaan Jasa Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Bone.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui (1). pengaruh karakteristik
bank, pelayanan, fasilitas, promosi, dan produk terhadap penggunaan jasa Bank
Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Bone. (2). faktor yang paling dominan
memengaruhi keputusan menggunakan jasa Bank Muamalat Cabang Bone.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear
berganda. Data yang digunakan adalah data primer dengan memberikan
kuesioner kepada responden yang terpilih yang berisikan pernyataan tentang
Variabel independen terdiri dari karakteristik bank (X1), Pelayanan (X2), Fasilitas
(X3), Promosi (X4) dan Produk (X5) sedangkan variabel dependenya adalah
penggunaan Jasa Bank Muamalat Capem Bone (Y).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Faktor karekteristik bank
berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Bank
Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Bone (2) Faktor pelayanan berpengaruh
positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Bank Muamalat
Indonesia Cabang Pembantu Bone. (3) Faktor fasilitas berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa Bank Muamalat Indonesia
Cabang Pembantu Bone, (4) Faktor promosi berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan penggunaan jasa Bank Muamalat Indonesia Cabang
Pembantu Bone, (5) Faktor produkberpengaruh positif dan signifikan terhadap
keputusan penggunaan jasa Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Bone,
(6)Faktor produk merupakan faktor yang dominan memengaruhi penggunaan jasa
Bank Muamalat Indonesia Cabang Pembantu Bone, yaitu sebesar 0.322.
Implikasi penelitiannya karaktristik bank harus diperhatikan karena yang
membedakan dengan yang lainnya adalah karaktristik pada Bank Muamalat yang
merupakan Bank Syariah, Pelayanan bank harus diperhatikan karena pelayanan
yang cepat, nyaman dan mudah akan memuaskan nasabah dalam menyimpan
atau menarik dananya di bank, Fasilitas harus diperhatikan untuk menarik perhatian nasabah. Promosinya harus lebih ditingkatkan, supaya masyarakat lebih
mengenal Bank Muamalat. Bank Muamalat harus memperhatikan variasi produknya sesuai dengan perkembangan kebutuhan nasabahnya.
Tidak tersedia versi lain