Text
TESIS:Pelayanan Calon Jamaah Haji pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo
Penelitian ini adalah studi tentang pelayanan calon jamaah haji pada
Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo. Pokok permasalahannya:
bagaimana pelayanan, dan aspek apa saja yang perlu dioptimalkan pelayanan
calon jamaah haji ? Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi pelaksanaan
pelayanan yang diberikan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wajo
terhadap calon jamaah haji, sehingga diperoleh suatu pengetahuan mengenai
bentuk pelaksanaan jamaah haji, khususnya jamaah haji Kabupaten Wajo.
Untuk membahas masalah tersebut digunakan metode penelitian
kualitatif, dengan pendekatan syar’i dan yuridis formal. Metode pengumpulan
data; observasi, wawancara, dan dokumenter, dengan teknik analisis data;
reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi regulasi atau
perundang-undangan tentang perhajian sudah cukup memadai yang dibuat oleh
pemerintah, namun implementasinya di lapangan masih belum optimal, masih
terdapat hal-hal yang belum tertangani secara profesional oleh petugas haji
Kementerian Agama. Aspek pelayanan yang paling banyak dikeluhkan oleh
jamaah haji adalah akomodasi, pemondokan di Mekkah, dan pembimbingan di
lapangan. Untuk mengatasi berbagai kelemahan pelayanan terhadap calon
jamaah haji, baik pada saat di tanah air maupun ketika berada di tanah suci
Mekkah, perlu peningkatan penyelenggaraan sumber daya manusia.
Implikasinya, bahwa para petugas haji di lapangan perlu meningkatkan
koordinasi, baik petugas di tanah air maupun petugas pada saat jemaah berada
di tanah suci. Selain itu, perlu ditingkatkan pelayanan kesehatan, dan
memperbanyak petugas lapangan.
Tidak tersedia versi lain