Text
TESIS:Efektivitas Penelitian Tindakan Kelas dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Sejarah Kebudayaan Islam pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone
Tesis ini membahas “Efektivitas Penelitian Tindakan Kelas dalam
Meningkatkan Kompetensi Guru Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah
Negeri 1 Watampone”. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan
terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan, yang sengaja dimunculkan dan
terjadi dalam suatu kelas secara bersama. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penerapan penelitian tindakan kelas pada pembelajaran Sejarah
Kebudayaan Islam dan gambaran kompetensi guru Sejarah Kebudayaan Islam di
Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone. Masalah pokok penelitian ini adalah menguji
seberapa besar pengaruh penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan kompetensi
guru Sejarah Kebudayaan Islam pada Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang
menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen pengumpulan data observasi,
angket dan dokumentasi. Untuk proses analisis data digunakan analisis deskriptif dan
analisis inferensial. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan historis, pedagogis, dan psikologis. Populasi penelitian mencakup seluruh
guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone berjumlah 71 orang, dan peserta
didik Kelas XII yang berjumlah 241 dengan sampel sebanyak 40 orang yang terdiri
dari 20 guru dan 20 peserta didik yang diambil dengan menggunakan teknik
purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.
Adapun pertimbangan peneliti adalah semua guru yang telah melaksanakan
penelitian tindakan kelas di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan
antara penelitian tindakan kelas dengan peningkatan kompetensi guru Sejarah
Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone. Hubungan kedua
variabel termasuk pada kategori kuat dengan tingkat determinasi sebesar 68,1% yang
berarti meningkatnya kompetensi guru Sejarah Kebudayaan Islam dipengaruhi oleh
penelitian tindakan kelas. Meskipun diketahui bahwa peningkatan kompetensi guru
Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone tidak hanya
dipengaruhi oleh penelitian tindakan kelas, melainkan 31,9% dipengaruhi oleh faktor
lain, diantaranya faktor lingkungan, fasilitas yang digunakan dalam pembelajaran,
dan kondisi peserta didik itu sendiri.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa implikasi atau rekomendasi
kepada pihak yang berkompeten demi peningkatan proses pembelajaran selanjutnya.
Diantaranya, melalui penerapan penelitian tindakan kelas, kompetensi guru dapat
ditingkatkan. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas harus menjadi fokus
perhatian bagi guru dan dan seluruh elemen yang terkait. Bagi sekolah, khususnya
Madrasah Aliyah Negeri 1 Watampone, agar hasil penelitian ini dapat dijadikan
masukan atau acuan pengambilan kebijakan dalam rangka meningkatkan proses
pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain