Text
TESIS:Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada MTs Palattae Kahu Kabupaten Bone)
Tesis ini membahas kompetensi pedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam
dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di Madrasah Tsanawiyah (MTs)
Palattae. Pokok permasalahannya yaitu kompetensi pedagogik guru SKI dengan
peningkatkan hasil belajar peserta didik di MTs Palattae. Sub masalahnya adalah
bagaimana kompetensi pedagogik guru SKI di MTs Palattae, bagaimana hasil belajar
Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Palattae, dan bagaimana hubungan
antara kompetensi pedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam dengan peningkatan
hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam peserta didik di MTs Palattae.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan
pendekatan yuridis, pedagogis, psikologis, dan sosiologis . Peneliti dalam membahas
permasalahan yang diajukan di atas, melakukan pengumpulan data di lapangan
dengan menggunakan teknik angket, observasi, wawancara, dan dokumetasi. Data
dari peserta didik diperoleh dengan menggunakan angket atau kuisioner dengan
teknik analisis data menggunakan rumus Pearson Product Moment yang bertujuan
untuk mengetahui hubungan antara variabel bebas yaitu kompetensi pedagogik yang
dilambangkan dengan (X) dan variabel terikat yaitu hasil belajar peserta didik yang
dilambangkan dengan (Y).
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi
pedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Palattae sudah termasuk pada
kategori baik, berdasarkan kualifikasi akademiknya dan dari hasil analisis data
responden yang dominan menjawab selalu dan sering dari setiap item angket yang
disebar ke 45 responden (peserta didik). Terlebih lagi MTs Palattae dalam
meningkatan kompetensi guru membuat program unggulan yaitu mengaktifkan
kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan pelatihan guru. Adapun
gambaran hasil belajar peserta didik MTs Palattae dari data nilai rapor siswa
disimpulkan bahwa nilai rata-rata dari hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI
adalah: 76,55. Nilai tersebut berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)ix
dinyatakan tuntas. Kemudian dari hasil analisis data yang diperoleh dengan
menggunakan rumus Pearson Product Moment menunjukkan bahwa kompetensi
pedagogik guru Sejarah Kebudayaan Islam dengan peningkatan hasil belajar siswa di
MTs Palattae mempunyai hubungan yang signifikan, dalam hal ini kompetensi
pedagogik memberikan konstribusi yang positif terhadap peningkatan hasil belajar
siswa 62, 41%, lebihnya 37,59% di pengaruhi oleh faktor lain yang tidak terangkum
dalam penelitian ini.
Implikasi dari penelitian ini adalah 1) Kepada kepala madrasah dan pihak
yang terkait supaya berusaha meningkatkan sumber pembelajaran di MTs Palattae,
khususnya untuk mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. 2) Kepada para guru
Madrasah Tsanawiyah Palattae khususnya guru Sejarah Kebudayaan Islam agar
lebih meningkatkan kompetensinya khususnya kompetensi pedagogik agar hasil
belajar siswa juga lebih meningkat. 3) Kepada seluruh siswa MTs Palattae supaya
belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil belajar yang dicapai lebih berkualitas.
Tidak tersedia versi lain