Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:INTERAKSI GURU FIKIH DENGAN PESERTA DIDIK
DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERIBADAH
DI MTs PONDOK PESANTREN YASRIB LAPAJUNG
KABUPATEN SOPPENG
Penanda Bagikan

Text

TESIS:INTERAKSI GURU FIKIH DENGAN PESERTA DIDIK DALAM MENUMBUHKAN KESADARAN BERIBADAH DI MTs PONDOK PESANTREN YASRIB LAPAJUNG KABUPATEN SOPPENG

MUH. MUSTAQIM - Nama Orang;

Pokok masalah penelitian ini adalah: Bagaimana interaksi guru Fikih dengan
peserta didik dalam menumbuhkan kesadaran beribadah di MTs Pondok Pesantren
Yasrib Lapajung Kabupaten Soppeng? Pokok masalah tersebut selanjutnya di breakdown dalam beberapa submasalah sebagai berikut: 1) Bagaimana gambaran
interaksi guru Fikih dengan peserta didik di MTs Pondok Pesantren Yasrib
Lapajung Kabupaten Soppeng?, 2) Bagaimana realitas kesadaran beribadah peserta
didik di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung Kabupaten Soppeng?, dan 3)
Bagaimana ragam kendala interaksi guru Fikih dengan peserta didik dalam
menumbuhkan kesadaran beribadah di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung
Kabupaten Soppeng dan bagaimana solusinya?
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian
berupa fenomenologis dan pendekatan studi berupa pedagogis dan psikologis.
Adapun sumber data pada penelitian ini adalah kepala madrasah, guru Fikih, peserta
didik, dan dokumen tentang atau yang terdapat di MTs Pondok Pesantren Yasrib
Lapajung. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan
teknik deskriptif analitik, yaitu data yang diperoleh tidak dianalisis menggunakan
rumus statistika, tetapi data tersebut dideskripsikan sehingga dapat memberikan
kejelasan sesuai kenyataan. Untuk uji keabsahan data teknik yang digunakan adalah
teknik triangulasi. Teknik triangulasi berarti membandingkan dan mengecek balik
derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alasan
yang berbeda
Hasil penelitian ini menunjukkan dalam berinteraksi pada proses
pembelajaran Fikih, ada beberapa pola yang digunakan oleh guru yaitu pola gurupeserta didik (interaksi satu arah), pola guru-peserta didik-guru (interaksi dua arah),
pola guru-peserta didik-peserta didik. Selain itu, guru juga melaksanakan perannya
sebagai pembimbing, teladan dan penasehat. Kesadaran beribadah peserta didik di
MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung terdapat tiga tipe yaitu peserta didik yang
memiliki kesadaran beribadah baik, peserta didik yang memiliki kesadaranxvi
beribadah cukup, dan peserta didik yang memiliki kesadaran beribadah kurang.
Kesadaran beribadah peserta didik di MTs Pondok Pesantren Yasrib Lapajung
dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu tingkat usia, lingkungan keluarga,
lingkungan madrasah, dan lingkungan masyarakat. Kendala interaksi guru fikih
dengan peserta didik dalam menumbuhkan kesadaran beribadah di MTs Pondok
Pesantren Yasrib Lapajung adalah jumlah peserta didik yang banyak, karakter
peserta didik yang berbeda-beda, dan latar belakang keluarga.
Untuk menumbuhkan kesadaran beribadah salat para peserta didik perlu
mendapat perhatian dan pengawasan dari berbagai pihak dalam hal ini orang tua,
guru, dan masyarakat. Sebab anak adalah amanah dari Allah yang wajib dijaga agar
fitrah seorang anak tetap terpelihara sehingga akan melahirkan para intelektual
muda yang tetap mencerminkan nilai-nilai Islam. Kaitannya dengan penelitian ini,
mereka akan memiliki kesadaran beribadah salat yang baik dan terus ditingkatkan
sebab keimanan seseorang tersebut bisa bertambah dan berkurang.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80200215036
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2018
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?