Text
TESIS:Implementasi Nasehat Pendidikan Luqma>n al-Haki>m Menurut al-Quran dalam Pembentukan Kepribadian Anak di SD Inpres 1 2/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
Tesis ini membahas tentang Implementasi Nasehat Pendidikan
Luqma>n al-Haki>m Menurut al-Quran dalam Pembentukan Kepribadian
Anak di SD Inpres 1 2/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Adapun yang menjadi permasalahannya adalah 1 )Bagaimana Implementasi
Nasehat Pendidikan Luqma>n al-Haki>m Menurut al-Quran dalam
Pembentukan Kepribadian anak di SD Inpres 1 2/79 Ulo Kecamatan Tellu
Siattinge Kabupaten Bon2)Bagaimana Bentuk Kepribadian Anak di SD Inpres
1 2/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone3) faktor-faktor Apakah
yang Mendukung dan Menghambat Penerapan Nasehat Pendidikan Luqma>n
al-Haki>m di SD Inpres 1 2/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research)
dengan instrumen kunci adalah peneliti sendiri. Lokasi penelitian pada SD
Inpres 1 2/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Pengumpulan
data menggunanakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan
kepustakaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan
teologis-normatif, Psikologis dan sosiologis. Sumber data yang diperoleh
terdiri dari sumber data primer dengan informan sebanyak 1 0 orang dan data
sekunder.
Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa implementasi nasehat
pendidikan Luqma>n al-Haki>m menurut al-Quran dalam pembentukan
kepribadian anak di SD Inpres 1 2/79 Ulo, sudah baik namun belum maksimal,
kepribadian anak di SD Inpres sudah mampu mengaplikasikan nasehat
pendidikan Luqma>n al-Haki>m dari segi aqidah, ubudiyyah, sosiologi, mental
dan akhlak tetapi masih ada siswa belum mampu menjaga ibadah salat, dan
akhlak, faktor pendukungnya meliputi, kurikulum, Kepedulian kepala sekolah,
tenaga guru dan warga sekolah dan peran serta orang tua, adapun Dan
kepribadian anak di SD Inpres 1 2/79 Ulo sudah sebagian besar menunjukan
kepribadian baik dalam hal besosialisasi dan akhlaknya kepada teman
sebaya dan unsur pendidik faktor penghambatnya adalah penyalahgunaan
media, waktu yang terbatas, kurangnya perhatian orang tua dan minat belajar
dan kurangnya sosialisasi, adapun solusinya adalah kemampuan baca tulis al
-Quran yang menjadi standar kelulusan peserta didik dan meningkatkan
sosialisasi dan kerjasama pada setiap unsur pendidik. \
Implikasi penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara
kepada pihak SD Inpres 1 2/79 Ulo untuk melakukan optimalisasi terhadapii
penerapan nasehat pendidikan Luqman al-Hakim dalam pembentukan
kepribadian anak dengan menambah kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.
Tidak tersedia versi lain