Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Pengaruh Kedisiplinan dan Kompetensi Pedagogik Guru
Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang Kelurahan Labakkang
Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Pengaruh Kedisiplinan dan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang Kelurahan Labakkang Kecamatan Labakkang Kabupaten Pangkep

Risna Srinawati - Nama Orang;

Pokok masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kedisiplinan dan
kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik Madrasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang Kelurahan Labakkang Kecamatan Labakkang
Kabupaten Pangkep? Pokok masalah tersebut selanjutnya dijabarkan ke dalam
beberapa submasalah, yaitu: (1) Bagaimana kedisiplinan guru Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep.(2) Bagaimana kompetensi
pedagogik guru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten
Pangkep. (3) Bagaimana motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep. (4) Apakah ada pengaruh
kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep. (5) Apakah ada pengaruh
kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada Madarasah
Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang di Kabupaten Pangkep. (6) Apakah ada
pengaruh kedisiplinan guru dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama terhadap
motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang
di Kabupaten Pangkep.
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan
adalah pendekatan metodologis bercorak positivistik dan pendekatan ilmiah yaitu
pendekatan psikologis. Adapun populasi/sampel penelitian ini adalah peserta didik
kelas tinggi. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah
angket/kuesioner. Lalu, tehnik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah
analisis liner berganda.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Kedisiplinan
guru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang pada interval 61 – 65
yakni berada pada frekuensi 16 atau 40%. Ini membuktikan bahwa kedisiplinan guru
di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang adalah sedang. (2) Kompetensi
pedagogik guru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang berada pada
interval 63 – 66 yakni berada pada frekuensi 9 atau 22,5%. Ini membuktikan bahwa
kompetensi pedagogik guru di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang
adalah rendah. (3) Motivasi belajar peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang berada pada interval 61 – 65 yakni berada pada
frekuensi 20 atau 50%. Ini membuktikan bahwa motivasi belajar peserta didik di
Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang adalah sedang. (4) Terdapat
pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik
di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang , hal tersebut dapat diketahui
berdasarkan tabel coeeficiens (α) diperoleh nilai thitung = 6,952. Nilai ttabel dapat
dicari diperoleh 1.684 sehingga membandingkan ttabel dan thitung ternyata thitung =
6,952 > ttabel = 1.684, maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh
antara kedisiplinan guru (x1) terhadap motivasi belajar (y) di Madrasah Ibtidaiyahxvii
Muhammadiyah Labakkang. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi
pedagogik guru terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang , hal tersebut dapat diketahui berdasarkan tabel
coeeficiens
(α) diperoleh nilai thitung = 4,463. Nilai ttabel dapat dicari diperoleh
1.684 sehingga membandingkan ttabel dan thitung ternyata thitung = 4,463 > ttabel =
1.684, maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh kompetensi
pedagogik (x2) terhadap motivasi belajar (y) di Madrasah Ibtidaiyah
Muhammadiyah Labakkang (6) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru
(x1) dan kompetensi pedagogic guru (x2) secara bersama-sama terhadap motivasi
belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang , hal
tersebut dapat diketahui berdasarkan tabel coeeficiens (α) diperoleh nilai Fhitung =
3,553. Nilai Ftabel dapat dicari diperoleh 3,25 sehingga membandingkan Ftabel dan
Fhitung ternyata Fhitung = 3,553 > Ftabel = 3,25, maka Ho ditolak dan H1 diterima
sehingga terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru (x1) dan kompetensi pedagogik
(x2) terhadap motivasi belajar (y) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah
Labakkang


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
Risna Srinawati
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?