Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren
Al-Ikhlas Ujung Bone.
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Model Pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone.

Mustari Halim. - Nama Orang;

Judul penelitian ini ialah model pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok
Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan
analisis kebutuhan pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas
Ujung-Bone, 2) mengetahui desain pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok
Pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone, 3) menjelaskan tentang upaya penerapan
pembelajaran pada Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung-Bone.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan tiga pendekatan yakni
sosiologis, fenomenologis, dan psikologis. Penelitian ini menggunakan pedoman
wawancara dan observasi, sebagai teknik pengumpulan data. Teknik pengolahan
data dilakukan dengan 3 (tahap) yaitu editing, koding dan tabulating. Dalam
menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Data tentang
analisis kebutuhan dan desain pembelajaran serta penerapannya, dianalisis dengan
menggunakan teknik analisis data non-statistik.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran di Pondok
Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone, khususnya pada Madrasah Aliyah, berlangsung
dengan baik. Hal tersebut terlihat pada guru yang mampu menggunakan metodologi
pembelajaran dengan baik, meliputi metode dan materi pembelajaran yang variatif,
materi pembelajaran tidak terpaku pada teks buku paket siswa, menciptakan suasana
yang humoris sehingga siswa tidak terlalu tegang dalam belajarnya. Pembelajaran
yang baik tersebut membuat siswa tertarik dan senang dalam mengikuti proses
pembelajaran di dalam kelas.\ Hal ini terungkap melalui banyaknya pernyataan siswa
yang “sangat setuju” dan “setuju” terhadap 29 item pernyataan indikator tentang
proses pembelajaran yang terlaksana. Jumlah pernyataan siswa yang sangat setuju
dan setuju dalam setiap itemnya menunjukkan persentase antara (78,1%) sampai
(90,1%) dari 75 responden. Adapun upaya para guru untuk menumbuhkan dan
mengembangkan proses pembelajaran yang ada yakni terus berusaha melakukan
variasi metodologi dalam pembelajaran, membudayakan komunikasi yang aktif
kepada peserta didik ketika menjelaskan dalam kelas, penjelasan materi yang mudah
dimengerti oleh siswa dan pemberian motivasi.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan adanya upaya proses pembelajaran
yang diselenggarakan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ujung Bone,
kiranya perlu menjaga kontiunitas penggunaan metodologi pembelajaran yang lebih
variatif. Oleh karena itu, yayasan dan para tenaga kependidikan harus memberikan
kontribusi yang memadai. Serta guru perlu lebih jeli lagi mengembangkan
metodologi pembelajaran agar prosesnya berjalan lebih efektif dan efesien.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80200214021
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2017
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?