Text
TESIS:Perangkat Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menunjang Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa
Tesis ini mengkaji tentang Perangkat Pembelajaran Guru Pendidikan Agama
Islam dalam Menunjang Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri
Bontokamase Kabupaten Gowa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
gambaran perangkat pembelajaran pendidikan agam Islam dalam menunjang
keberhasilan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa,
dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat perangkat pembelajaran
pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, adapun pendekatan penelitian
menggunakan dua penelitian yaitu pendekatan metodologis dan pendekatan keilmuan
yaitu pendekaan teoretis, dan pendekatan psikologis. Sumber data terdiri dari data
primer yaitu data utama yang diambil dari responden guru, kepala sekolah, peserta
didik dan data sekunder yaitu data pendukung/ tambahan tentang kondisi objektif di
sekolah di Sekolah Dasar Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa yang berhubungan
dengan keaadaan sekolah, guru secara keseluruhan, keadaan pegawai, para peserta
didik, serta sarana dan prasarana. Instrumen yang digunakan adalah pedoman
observasi, pedoman wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data adalah dengan
reduksi data display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran Guru
Pendidikan Agama Islam dalam Menunjang Keberhasilan Pembelajaran di Sekolah
Dasar Negeri Bontokamase Kabupaten Gowa adalah guru harus mempersiapkan
perangkat pembelajaran yang di dalamnya analisis waktu, program tahunan, program
semester, silabus, RPP dan Penilaian hasil belajar yang sesuai dengan kurikulum
2013.Sebelum mengajar guru membuat perencanaan berupa RPP yang menjadi
skenario dalam segala kegiatan pembelajaran PAI lalu dalam pelaksanaan kegiatan
pembelajaran guru melakukanpenilaian dengan berbagai alat penilaian berdasarkan
penilaian 2013 yang memuat tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik.
Kemudian dari penilaian dapat mengukur tingkat keberhasilan pembelajaran guru
pendidikan Agama Islam yang menjadi dasar dari perangkat pembelajaran yang
sudah direncanakan melalui RPP sebagai acuan dari kegiatan pembelajaran. Faktor
pendukung yaitu, guru, kurikulum 2013, adanya kegiatan ekstra (Jumat ibadah dan
Salat berjamaah) , faktor penghambat yaitu kurungnya waktu guru dan motivasi
guru PAI dalam membuat perangkat pembelajaran
Tidak tersedia versi lain