Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Madrasah:
Kasus di Pondok Pesantren DDI Mangkoso Barru.
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Integrasi Sistem Pendidikan Pesantren dan Madrasah: Kasus di Pondok Pesantren DDI Mangkoso Barru.

SYUHADA - Nama Orang;

Tesis ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses integrasi sistem pendidikan
pesantren dan madrasah di Pondok Pesantren DDI Mangkoso, 2) mengetahui bentuk
integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah, 3) mengetahui aspek
kelembagaan di Pondok Pesantren DDI Mangkoso, dan 4) mengetahui faktor
pendukung dan penghambat integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah di
Pondok Pesantren DDI Mangkoso.
Dalam menjawab permasalahan tersebut, penulis menggunakan pendekatan
fenomenologi. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan
tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahapan
pengumpulan data melalui prosedur reduksi, penyajian serta penarikan kesimpulan.
Pengumpulan data berakhir setelah peneliti tidak menemukan data baru, kemudian
penulis mengulas dan menyimpulkannya.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan sebagai berikut;
pertama, proses integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah tidak terlepas
dari empat faktor yaitu regulasi sistem pendidikan nasional, kebutuhan masyarakat,
kemajuan budaya sosial, serta asas pemanfaatan substansi dan struktural. Kedua,
bentuk integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah di pondok pesantren DDI
Mangkoso melalui pendidikan formal dan non formal. Pendidikan formal
dilaksanakan di madrasah dan pendidikan non formal berlangsung di pesantren.
Bentuk integrasi lainnya melalui pengajaran, dimana kiai atau pembina
menggabungkan metode pengajaran sorogan dan klasikal dalam pelaksanaan
pendidikan di pesantren. Ketiga, secara kelembagaan meliputi integrasi struktur
organisasi, lingkungan, keadaan pelaku pendidikan, pembiayaan, serta sumber
belajar. Keempat, faktor pendukung dan penghambat integrasi sistem pendidikan
pesantren dan madrasah dapat diidentifikasi menjadi faktor internal dan eksternal.
Faktor internal meliputi sumber daya manusia yang memadai termasuk sarana dan
prasarana, keuangan, kurikulum, serta aspek manajerial lainnya. Faktor eksternal
meliputi berfungsinya organisasi, hubungan masyarakat yang kuat, dan kepercayaan
lembaga-lembaga luar. Adapun faktor penghambat integrasi sistem pendidikan
pesantren dan madrasah terbagai kedalam dua bagian; yaitu hambatan sosial budaya
masyarakat dan keterbatasan sarana dan prasarana penunjang pelaksanaan
pendidikan.xiv
Adapun implikasi penelitian yaitu penelitian ini menunjukkan bahwa
pentingnya integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah. Adanya integrasi
madrasah ke dalam pesantren menyebabkan bertambahnya wawasan para peserta
didik, sehingga peserta didik yang menimba ilmu di pesantren memiliki IMTAK dan
IPTEK yang seimbang. Dengan diadakannya penelitian ini menyebabkan
meningkatnya kesadaran para pendidik dan tenaga kependidikan untuk lebih
mengembangkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya di Pondok Pesantren DDI
Mangkoso. Adapun rekomendasi peneliti adalah kepada seluruh civitas akademika
Pondok Pesantren DDI Mangkoso untuk terus menerus melakukan pembenahan demi
terwujudnya pendidikan integratif tanpa mengesampinkan salah satu disiplin
keilmuan dalam rangka mengembangkan mutu pendidikan pesantren dan madrasah


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100213150
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?