Text
TESIS:Perbandingan Retensi Peserta Didik dengan Strategi Pembelajaran Generatif dan Siklus pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bantaeng.
Masalah pokok penelitian ini adalah bagaimana perbandingan strategi
pembelajaran generatif dengan strategi pembelajaran siklus terhadap retensi
peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di
SMA Negeri 1 Bantaeng. Pokok masalah tersebut kemudian diturunkan dalam
submasalah atau pertanyaan penelitian, yaitu : 1) Bagaimana retensi kelompok
peserta didik yang diberi strategi pembelajaran generatif pada mata pelajaran PAI
dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bantaeng, 2) Bagaimana retensi kelompok
peserta didik yang diberi strategi pembelajaran siklus pada mata pelajaran PAI
dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bantaeng, 3) Adakah perbedaan retensi
kelompok peserta didik yang diberi strategi pembelajaran generatif dengan
kelompok peserta didik yang diberi strategi pembelajaran siklus pada mata
pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 Bantaeng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana retensi kelompok
peserta didik yang diberi perlakuan strategi pembelajaran generatif dan siklus,
serta untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan retensi kelompok peserta
didik dengan strategi pembelajaran generatif dengan retensi kelompok peserta
didik dengan strategi pembelajaran siklus.
Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan metode eksperimen,
desain metode penelitian yang digunakan adalah postest only design. Kedua
kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan strategi pembelajaran yang berbeda,
yaitu kelas eksperimen 1 dengan strategi pembelajaran generatif, dan kelas
eksperimen 2 dengan strategi pembelajaran siklus. Retensi peserta didik diketahui
melalui pemberian postes pertama dan kedua dengan interval waktu pemberian tes
3 (tiga) pekan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS
SMA Negeri 1 Bantaeng yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah peserta didik
sebanyak 125 orang. Sedangkan sampelnya adalah kelas XI IPS 2 dengan 21
peserta didik dan kelas XI IPS 3 dengan 21 peserta didik. Adapun instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda yang terkait tema
toleransi dalam muatan materi al-Qur’an pada mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti kelas XI SMA.
Berdasarkan hasil analisis deksriptif menunjukkan bahwa retensi peserta
didik pada kelas XI IPS 2 dengan perlakuan strategi pembelajaran generatif
sebesar 66.17 %, sedangkan retensi peserta didik kelas XI IPS 3 dengan perlakuan
strategi pembelajaran siklus juga sebesar 66.17%. Hasil analisis inferensialnya
dengan Uji T diperoleh thitung 0.589. Harga selanjutnya dibandingkan dengan ≤xvii
ttabel 2.021. Jika thitung ≤ ttabel tidak ada perbedaan maka H0 diterima dan Ha ditolak.
Ternyata thitung 0.589 ≤ ttabel 2,021. Kesimpulannya, tidak ada perbedaan retensi
peserta didik kelas eksperimen 1 (XI IPS 2) yang diberi perlakuan strategi
pembelajaran generatif, dengan retensi peserta didik kelas eksperimen 2 (XI IPS 3)
yang diberi perlakuan strategi pembelajaran siklus.
Implikasi penelitian ini bahwa strategi pembelajaran generatif dan siklus
dapat digunakan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti,
serta dapat mempertahankan retensi peserta didik terhadap materi pelajaran.
Tidak tersedia versi lain