Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Profesionalitas Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013
di SMA Negeri 5 Kendari
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Profesionalitas Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari

Fitria Wahud - Nama Orang;

Tesis ini mengkaji tentang profesionalitas guru di SMA Negeri 5 Kendari,
penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari, dan faktor penghambat,
pendukung dan upaya mengatasi hambatan-hambatan pada penerapan Kurikulum
2013 di SMA Negeri 5 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
profesionalitas guru di SMA Negeri 5 Kendari, untuk menganalisis penerapan
Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kendari dan untuk menganalisis faktor
penghambat, pendukung, dan upaya mengatasi hambatan-hambatan pada penerapan
Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmiah
yang terdiri dari pendekatan sosiologi dan pendekatan psikologis serta pendekatan
metodologis yang terdiri dari pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari guru mata pelajaran, peserta
didik, kepala sekolah, dan wakasek kurikulum. Selanjutnya sumber data sekunder
yang terdiri dari dokumentasi terkait profil sekolah dan unsur penunjang lainnya.
Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu panduan observasi, pedoman wawancara,
dan format catatan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data
melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru di SMA Negeri 5 Kendari
belum profesional. (2) Penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari sudah
berjalan tiga tahun. Selain itu, penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari
secara prosedural sudah berjalan dengan baik. (3) Faktor penghambat dalam
penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari adalah ketersediaan buku mata
pelajaran, penilaian autentik, jumlah peserta didik yang banyak membuat guru tidak
bisa menilai sikap semua peserta didik dengan waktu yang terbatas, pemberian
materi atau pelatihan Kurikulum 2013 tidak dilakukan secara menyeluruh di SMA
Negeri 5 Kendari. Faktor pendukung penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5
Kendari adalah sekolah ini sebagai sekolah percontohan penerapan Kurikulum 2013
dan adanya aplikasi yang dibuat oleh wakasek kurikulum terkait penilaian. Upaya
yang dilakukan untuk mengatasi atau meminimalisir hambatan diantaranya
melakukan workshop atau pelatihan-pelatihan terkait Kurikulum 2013,
memanfaatkan MGMP untuk setiap mata pelajaran, menciptakan aplikasi khusus
terkait penilaian, bagi para guru yang tidak mengikuti pelatihan Kurikulum 2013,
bisa mendapatkan informasi dari guru yang sudah pernah mengikuti pelatihan
Kurikulum 2013 tersebut dengan cara bertanya atau melakukan diskusi.
Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Perlu dilakukan pelatihan terkait
Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari secara merata agar semua guru
xviiimemperoleh informasi yang sama tentang Kurikulum 2013 ini. (2) Perlu adanya
kerjasama dengan penerbit buku agar kebutuhan buku pelajaran yang berbasis
Kurikulum 2013 dapat terpenuhi terutama pelajaran yang belum ada buku berbasis
2013. (3) Guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam memahami Kurikulum
2013, karena salah satu indikator guru yang profesional adalah dapat
mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Selain itu, guru jangan merasa
segan untuk bertanya kepada teman sejawat atau orang yang dianggap memiliki
pengetahuan yang lebih terkait penerapan Kurikulum 2013. (4) Peserta didik yang
merasa bahwa Kurikulum 2013 ini lebih memberatkan daripada kurikulum
sebelumnya karena banyaknya tugas yang diberikan, hendaknya lebih mengenali lagi
kurikulum ini karena seseungguhnya kurikulum ini sangat menyenangkan. (5) Ruang
lingkup penelitian ini terbilang masih mikro karena terfokus pada profesionalisme
guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 maka untuk penelitian selanjutnya bisa
lebih diperluas lagi cakupannya seperti terkait proses pembelajaran dengan
Kurikulum 2013 atau masalah-masalah lain terkait Kurikulum 2013.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80200214004
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?