Text
TESIS:Profesionalitas Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari
Tesis ini mengkaji tentang profesionalitas guru di SMA Negeri 5 Kendari,
penerapan kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari, dan faktor penghambat,
pendukung dan upaya mengatasi hambatan-hambatan pada penerapan Kurikulum
2013 di SMA Negeri 5 Kendari. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis
profesionalitas guru di SMA Negeri 5 Kendari, untuk menganalisis penerapan
Kurikulum 2013 di SMA Negeri Kendari dan untuk menganalisis faktor
penghambat, pendukung, dan upaya mengatasi hambatan-hambatan pada penerapan
Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari.
Metode penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmiah
yang terdiri dari pendekatan sosiologi dan pendekatan psikologis serta pendekatan
metodologis yang terdiri dari pendekatan fenomenologis. Sumber data dalam
penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari guru mata pelajaran, peserta
didik, kepala sekolah, dan wakasek kurikulum. Selanjutnya sumber data sekunder
yang terdiri dari dokumentasi terkait profil sekolah dan unsur penunjang lainnya.
Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu panduan observasi, pedoman wawancara,
dan format catatan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data
melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru di SMA Negeri 5 Kendari
belum profesional. (2) Penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari sudah
berjalan tiga tahun. Selain itu, penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari
secara prosedural sudah berjalan dengan baik. (3) Faktor penghambat dalam
penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari adalah ketersediaan buku mata
pelajaran, penilaian autentik, jumlah peserta didik yang banyak membuat guru tidak
bisa menilai sikap semua peserta didik dengan waktu yang terbatas, pemberian
materi atau pelatihan Kurikulum 2013 tidak dilakukan secara menyeluruh di SMA
Negeri 5 Kendari. Faktor pendukung penerapan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5
Kendari adalah sekolah ini sebagai sekolah percontohan penerapan Kurikulum 2013
dan adanya aplikasi yang dibuat oleh wakasek kurikulum terkait penilaian. Upaya
yang dilakukan untuk mengatasi atau meminimalisir hambatan diantaranya
melakukan workshop atau pelatihan-pelatihan terkait Kurikulum 2013,
memanfaatkan MGMP untuk setiap mata pelajaran, menciptakan aplikasi khusus
terkait penilaian, bagi para guru yang tidak mengikuti pelatihan Kurikulum 2013,
bisa mendapatkan informasi dari guru yang sudah pernah mengikuti pelatihan
Kurikulum 2013 tersebut dengan cara bertanya atau melakukan diskusi.
Implikasi dari penelitian ini adalah: (1) Perlu dilakukan pelatihan terkait
Kurikulum 2013 di SMA Negeri 5 Kendari secara merata agar semua guru
xviiimemperoleh informasi yang sama tentang Kurikulum 2013 ini. (2) Perlu adanya
kerjasama dengan penerbit buku agar kebutuhan buku pelajaran yang berbasis
Kurikulum 2013 dapat terpenuhi terutama pelajaran yang belum ada buku berbasis
2013. (3) Guru perlu meningkatkan kemampuannya dalam memahami Kurikulum
2013, karena salah satu indikator guru yang profesional adalah dapat
mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Selain itu, guru jangan merasa
segan untuk bertanya kepada teman sejawat atau orang yang dianggap memiliki
pengetahuan yang lebih terkait penerapan Kurikulum 2013. (4) Peserta didik yang
merasa bahwa Kurikulum 2013 ini lebih memberatkan daripada kurikulum
sebelumnya karena banyaknya tugas yang diberikan, hendaknya lebih mengenali lagi
kurikulum ini karena seseungguhnya kurikulum ini sangat menyenangkan. (5) Ruang
lingkup penelitian ini terbilang masih mikro karena terfokus pada profesionalisme
guru dalam menerapkan Kurikulum 2013 maka untuk penelitian selanjutnya bisa
lebih diperluas lagi cakupannya seperti terkait proses pembelajaran dengan
Kurikulum 2013 atau masalah-masalah lain terkait Kurikulum 2013.
Tidak tersedia versi lain