Text
TESIS:Konsep Pendidikan Islam menurut Hizbut Tahrir di Indonesia (HTI)
Tesis ini merupakan pengkajian terhadap konsep pendidikan Islam yang
diulas dalam perspektif Hizbut Tahrir, permasalahan mendasar dari tesis ini
mencakup tentang konsep pendidikan Islam dan konsep pendidikan Islam menurut
Hizbut Tahrir di Indonesia. Tujuan penelitian ini, untuk menghasilkan konsep
pendidikan Islam yang dapat dijadikan acuan teoritik paradikmatik yang memiliki
kontribusi ilmiah terhadap pengembangan konsep sistem pendidikan Islam.
Secara metodologis, tesis ini merupakan kajian analisis kualitatif
(kepustakaan), juga digunakan teknik content analysis (analisis isi), teknik ini
dimaksudkan untuk melakukan analisis terhadap makna yang terkandung dalam
data yang telah dihimpun dengan memaksimalkan pendekatan filosofis, historis,
dan interdisipliner untuk dikembangkan dalam melihat bagaimana deskripsi
tentang Hizbut Tahrir Indonesia dan konsep pendidikannya.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa konsep pendidikan Islam menurut
Hizbut Tahrir Indonesia berorientasi pada pembentukan kepribadian Islam, yaitu
sebuah sistem pendidikan harus dibangun berdasarkan asas aqidah Islam. Aqidah
Islam menjadi dasar penentuan arah dan tujuan pendidikan, yang berimplikasi pada
struktur kurikulum dan proses belajar mengajar, serta budaya sekolah yang
dikembangkan harus berlangsung dan berkesinambungan mulai tingkat dasar hingga
perguruan tinggi dan standar nilai ilmu pengetahuan. Konsep pendidikan Islam
menurut Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) juga adalah sebuah konsep yang melibatkan
secara integral tiga unsur pelaksana pendidikan, yaitu; keluarga, sekolah/kampus dan
masyarakat. Menurut Hizbut Tahrir Indonesia ketiga unsur tersebut harus berjalan
secara sinergis dan berfungsi secara benar, negatifnya salah satu unsur tersebut akan
berimplikasi pada unsur pelaksana pendidikan yang lain.
Tidak tersedia versi lain