Text
TESIS:Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam tentang Kinerja Pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar
Tesis ini mengkaji persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang kinerja
pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Tujuan
penelitian ini adalah (1) Mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang
pelaksanaan supervisi pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota
Makassar (2) Mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang prestasi
kerja pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar (3)
Mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang pengembangan profesi
pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar (4) Mengetahui persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang dampak pengembangan profesi
pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan teologis, pedagogis, psikologis, dan, pendekatan manajerial. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang terdiri dari pengawas dan guru
Pendidikan Agama Islam, dan sumber data sekunder yang terdiri dari data pengawas, data guru, dan data peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan panduan observasi, pedoman wawancara, dan check list dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik
pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data
(display data), dan penarikan kesimpulan (verifikasi data).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang pelaksanaan supervisi akademik pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, apabila dilihat dari segi frekuensi kehadirannya
sudah termasuk baik karena pengawas sudah mampu melakukan supervisi sesuai
dengan regulasi yang ada yakni minimal sekali dalam satu bulan. Sedangkan persepsi
guru Pendidikan Agama Islam tentang prestasi kerja pengawas pada SMP Negeri di
Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar kurang baik. Adapun persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang pengembangan profesi pengawas pada SMP Negeri di
Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, khususnya yang terkait dengan karya ilmiah dan karya inovatif yang dihasilkan termasuk kurang baik dan bahkan karya ilmiah
yang dihasilkan oleh pengawas yang ada pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar, tidak pernah sama sekali diseminarkan dalam forum. Sementara persepsi guru Pendidikan Agama Islam tentang dampak pengembangan profesi
pengawas pada SMP Negeri di Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar adalah
bahwa dampak pengembangan profesi pengawas yang ada pada SMP Negeri di
Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar juga kurang baik.
Implikasi dari penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan perubahan
kebijakan bagi Kementerian Agama khusus bidang Pendidikan Agama Islam terkait
dengan perekrutan pengawas, menjadi koreksi internal pengawas, sebagai bahan
evaluasi untuk kinerja pengawas. Diharapkan ke depan akan ada lagi peneliti yang
lain untuk mendalami aspek-aspek yang belum dibahas dalam tesis ini demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas sehingga akan melahirkan peserta didik dan
pendidik yang berkualitas pula.
Tidak tersedia versi lain