Text
TESIS:Upaya Pengawas dan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di MTs Alkhairaat Bambaloka Kabupaten Mamuju Utara.
Penelitian ini membahas tentang Upaya Pengawas dan Kepala Madrasah
dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru di Mts Alkhairaat Bambaloka Kabupaten
Mamuju Utara. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui sinergitas pengawas
dan kepala madrasah meningkatkan Profesionalitas guru MTs Alkhairaat Bambaloka, Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat sinergitas
pengawas dan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionaliatas guru di MTs
Alkhairaat Bambaloka, Untuk mengungkapkan hasil upaya pengawas dan kepala
madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Alkhairaat Bambaloka.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif
kualitatif dengan lokasi penelitian ini di MTs Alkhairaat Bambaloka Kabupaten
Mamuju Utara. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis,
psikologis, dan manajemen. Sumber datanya adalah wawancara dengan pengawas
PAI, kepala sekolah, guru PAI, peserta didik, staf dan ketua komite di sekolah.
Metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data, verifikasi data atau
kesimpulan data hasil penelitian dan pengecekan keabsahan data (triangulasi).
Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa Bentuk sinergitas pengawas
dan kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalitas guru di MTs Alkhairaat
Bambaloka, Kabupaten Mamuju Utara selama pelaksanaan tugas dengan mengacu
kepada pembinaan kegiatan akademik, manajerial dan ekstrakurikuler sudah merata,
pengawas dan kepala madrasah melakukan kegiatan supervisi akademik yaitu
melihat kulfikasi pendidik yang tadinya hanya berkualifikasi SMA/MA namun
dengan usaha yang dilakukan oleh pengawas dan kepala madrasah yang memberikan
motivasi dan dorongan akhirnya para gurunya dapat melanjutkan pendidikannya
sampai Strata satu (S1), selanjutnya pengawas dan kepala madrasah juga mengadakan supervisi manejarial berupa membantu para guru di MTs Alkhairaat
melakukan pembenahan terhadap persiapan mengajar, penggunaan berbagi metodexvi
dalam mengajar serta lebih sering menggunakan media pembelajaran agar
pembelajaran lebih menarik dan mudah diterima oleh peserta didik. faktor
penghambat dan faktor pendukung Upaya pengawas dan kepala madrasah dalam
meningkatkan profesionalitas guru di MTs Alkhairaat Bambaloka Kabupaten
Mamuju Utara adalah faktor eksternal diantaranya undang-undang guru dan dosen
RI nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan undang-undang RI nomor 19
tahun 2005 tentang Kompetensi Guru serta ada Peraturan Pemerintah RI Nomor 74
tahun 2008 yang mengatur tentang tugas tambahan kepala madrasah, adapun faktor
internal diantaranya ada peraturan madrasah aliyah alkhairaat, ada motivasi kepala
madrasah untuk peningkatan kualifikasi, pengembangan kurikulum, dan adanya
supervisi pengawas yang secara kontunyu melakukan supervisi, dan adapun faktor
internal diantaranya adalah lingkungan keluarga yang hanya kalau Cuma berharap
dari gaji honor saja tentunya tidak akan cukup membiayai keluarga makanya guru
harus mencari penghidupan di luar seperti menjual barang campuran, ataupun sebagi
nelayan. Bahkan adanya juga dari intern madrasah diantaranya kurangnya tenaga
pendidik serta kurangnya jam yang efesien untuk mengoptimalkan program
pembelajaran di madrasah tsanawiyah Alkhairaat Bambaloka kabupaten Mamuju
Utara. Hasil sinergitas pengawas dan kepala madrasah dalam meningkatkan
profesionalitas guru di MTs Alkhairaat Bambaloka di Kabupaten Mamuju Utara
adalah Metode mengajar yang bervariasi, kelengkapan administrasi pengajaran,
keahlian para guru. Metode pembelajaran sebagai alat untuk menciptakan proses
pembelajaran pendidikan Agama Islam dilakukan secara efektif dan efisien.
Kementerian Agama memberikan perhatian yang maksimal terhadap
keberadaan pengawas. Dengan data tersebut perlu ada pengangkatan pengawas
secepatnya agar ketimpangan pada pengawasan di madrasah bisa maksimal.
Peningkatan kualitas serta kesejahteraan guru harus ditingkatkan mengingat tugas
dan tanggung jawab guru yang harus memerlukan keterampilan khusus, Upaya
pengawas dan kepala sekolah memang sudah sangat keras mengingat peningkatan
kwalitas guru sudah meningkat namun hanya sebagian Madrasah yang berupaya
untuk itu sedangkan madrasah lain bahkan tidak ada kegiatan sama sekali.
Tidak tersedia versi lain