Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Urgensi Profesionalisme pengawas dalam Meningkatkan
Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di
Kota Palopo
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Urgensi Profesionalisme pengawas dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kota Palopo

St. Maemunah - Nama Orang;

Tesis ini mengkaji urgensi profesionalisme pengawas dalam meningkatkan
kreativitas guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kota Palopo,
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menggambarkan urgensi
profesionalisme pengawas PAI pada SMA Negeri di Kota Palopo,
mengungkapkan secara mendalam dan komprehensif kreativitas guru PAI pada
SMA Negeri di Kota Palopo, menganalisis upaya pengawas dalam meningkatkan
kreativitas guru PAI pada SMA Negeri di Kota Palopo, mengidentifikasi dan
menemukan faktor pendukung dan penghambat pengawas dalam meningkatkan
kreativitas guru PAI pada SMA Negeri di Kota Palopo dan solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis normatif, pedagogis,
psikologis, dan manajerial. Sumber data yaitu Kepala Seksi Pendidikan Islam pada
Kantor Kementerian Agama Kota Palopo, Ketua Pokjawas, Pengawas Pendidikan
Agama Islam, Kepala Sekolah, dan Guru Pendidikan Agama Islam. Instrumen
penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan check list.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data,
penyajian data (display data) dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan dan
dianalisis secara kualitatif. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan
meningkatkan ketekunan dan bahan referensi yang mendukung.
Melalui proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data maka hasil
penelitian menunjukkan: Pengawas PAI pada SMA Negeri di Kota Palopo, dilihat
dari kualifikasi dan kompetensi sudah menjalankan tugasnya dengan baik,
meskipun pelayanan pengawas terhadap sekolah binaanya belum terjangkau
secara merata pada guru-guru, dan jika dilihat dari kuantitas pengawas masihxviii
.
kurang jumlahnya. Kreativitas Guru PAI SMA Negeri di Kota Palopo, sebagian
besar sudah mampu menunjukkan peningkatan kreativitas dalam proses
pembelajarannya demi mencapai tujuan yang diharapkan. Upaya yang dilakukan
pengawas dalam meningkatkan kreativitas guru PAI pada SMA Negeri di Kota
Palopo ada 2 yaitu upaya di luar ruang belajar melakukan bimbingan secara
berkesinambungan dan melakukan penilaian yang berkelanjutan terhadap perangkat
pembelajaran. Upaya kedua di dalam ruang belajar yaitu menciptakan media
pembelajaran guru PAI yang mutakhir dan sederhana sehingga dapat diserap oleh
peserta didik dan interaksi langsung yang dilakukan pada saat proses pembelajaran.
Dengan kata lain pengawas melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan supervisi
evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung dan penghambat pengawas dalam
meningkatkan kreativitas guru PAI pada SMA Negeri di Kota Palopo dan
solusinya. Faktor pendukung, yaitu letak geografis, kedisiplinan, kualifikasi
akademik dan kompetensi, sedangkan faktor penghambatnya yaitu kualitas dan
kuantitas pengawas, fasilitas, waktu kunjungan. Solusi dalam mengatasi
penghambat adalah dari segi kualitas pengawas sebagai gurunya guru harus lebih
banyak mengikuti pelatihan, mencari informasi baik melalui internet maupun
pengetahuan terhadap sesama pengawas. Dari segi kuantitas, pihak kementerian
agama supaya menambah jumlah pengawas dan difasilitasi kendaraan roda dua
untuk mendukung aktivitas dalam melaksanakan tugas pengawas.
Kondisi di atas berimplikasi: 1) Kualifikasi, bentuk supervisi yang dilakukan
dan pelatihan pengawas Pendidikan Agama Islam perlu diperhatikan 2) Seorang guru
harus memiliki jiwa kreativitas yang tinggi, karena jiwa kreativitas disini akan
mendorong untuk menemukan berbagai model pembelajaran baru yang cocok
diterapkan di kelas, 3) Peran pengawas dalam pembinaan setidaknya sebagai teladan
bagi guru dan sebagai rekan kerja yang serasi dengan guru dalam memajukan
kreativitas guru binaannya, 4) Menyikapi secara positif kendala yang muncul dan
bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencari solusi dari kendala yang ada.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100211118
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?