Text
TESIS:Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MTs Ma’had DDI Pangkajene,.
Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan media
pembelajaran PAI di MTs Ma’had DDI Pangkajene serta untuk Mengetahui
gambaran prestasi belajar PAI peserta didik di MTs Ma’had DDI Pangkajene dan
untuk mengetahui bentuk upaya efektif guru PAI dalam penggunaan media untuk
meningkatkan prestasi belajar peserta didik, terakhir untuk mengetahui faktor
pendukung dan faktor penghambat pendidik PAI dalam menggunakan media
pembelajaran untuk di MTs Ma’had DDI Pangkajene meningkatkan prestasi belajar
peserta didik.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya peneliti mendeskripsikan
kenyataan secara benar. Untuk membahas masalah tersebut peneliti menggunakan
pendekatan pedagogis, psikologis serta pendekatan manajerial. Sumber data yang di
gunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, adapun instrumen
penelitian ini adalah peneliti sebagai key instrument dengan menggunakan check
list, buku, pulpen, pedoman wawancara dan kamera dengan Metode pengumpulan
data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data,
verifikasi data, dan pengujian keabasahan data (triangulasi).
Hasil penelitian efektivitas penggunaan media PAI menunjukkan bahwa:
pendidik dalam memanfaatkan media pembelajaran seperti media buku, LKS,
televisi, OHP, tape recorder. Prestasi belajar peserta didik sebelum penggunaan
media sangat susah dan tampak kewalahan berbeda pada saat setelah penggunaan
media peserta didik mengalami peningkatan uatamanya mata pelajaran fiqh yang
nilai setelah KKM hasilnya Yaitu 62,5. Bentuk upaya efektifnya yaitu menjadikan
media sebagai disiplin ilmu, penggunaan media dalam peningkatan prestasi belajar,
penerapan fungsi penggunaan media. Faktor Pendukung, a. Tersedianya media,
waktu untuk menggunakan media, Faktor Penghambat, b. Peserta didik yang
terlambat, lupa membawa buku, Suasana kelas yang ramai.
Implikasi dari hasil penelitian Kementerian agama dan seluruh komponen
madrasah bisa membantu memfasilitasi para pendidik untuk bisa mengembangkan
diri dengan memperbanyak pelatihan kepada pendidik dengan cara melengkapi
media pembalajaran agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Tidak tersedia versi lain