Text
TESIS:Pelaksanaan Supervisi Pengawas Pendidikan Agama Islam dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Guru PAI pada SD di Kec. Siotapina Kabupaten Buton
Penulisan tesis ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan supervisi
pengawas Pendidikan Agama Islam pada SD Negeri di Kecamatan Siotapina
Kabupaten Buton, untuk mengetahui kendala yang dihadapi pengawas Pendidikan
Agama Islam dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD Negeri di Kecamatan
Siotapina Kabupaten Buton, serta untuk mengetahui upaya yang dilakukan pengawas
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kinerja guru PAI SD Negeri di Kecamatan
Siotapina Kabupaten Buton.
Penelitian ini berlokasi di Kecamatan Siotapina Kabupaten Buton. Jenis
penelitian field research dengan analisis deskriptf kualitatif. Pendekatan yang
digunakan melalui pendekatan interdisipliner, yaitu pendekatan teologis-normatif,
manajerial, pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Selain penulis sebagai instrumen
kunci, sumber data diperoleh juga dari Kepala Seksi Mapenda Kantor Kementerian
Agama Kabupaten Buton, Pengawas Pendidikan Agama Islam di lingkungan
Kemenag Kabupaten Buton, dan guru PAI SD Negeri di Kec. Siotapina Kabupaten
Buton. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data,
display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara
kualitatif. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan
bahan referensi yang mendukung.
Hasil penelitian menunjukkan ada lima langkah pengawas Pendidikan
Agama Islam belum maksimal pelaksanaannya yaitu merencanakan,
menginformasikan kunjungan, observasi kelas, supervisi administrasi dan
pembicaraan individu sesudah supervisi. Adapun kendala yang dihadapi meliputi
kendala internal dari dalam diri pengawas sendiri dan kendala eksternal dari guru
PAI dan lingkungannya. Langkah pengawas dalam meningkatkan kinerja berupa
pemberian motivasi untuk meningkatkan kompetensi, motivasi mencintai profesi
dan optimalisasi peran KKG.
Implikasi dari penelitian ini adalah: 1) Kualifikasi pengawas pendidikan
agama dan bentuk supervisi yang dilakukan perlu diperhatikan 2) Menyikapi secara
positif kendala yang muncul dan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencari
solusi dari kendala yang ada 3) Optimalisasi forum KKG perlu mendapat dukungan
dari berbagai pihak guna perbaikan proses pembelajaran guru PAI.
Tidak tersedia versi lain