Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Profesionalisme Pengawas dan Kontribusinya dalam Meningkatkan
Kompetensi Guru PAI pada SMP di Kabupaten Bulukumba
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Profesionalisme Pengawas dan Kontribusinya dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI pada SMP di Kabupaten Bulukumba

Ramliati - Nama Orang;

Penelitian ini membahas tentang profesionalisme pengawas dalam membina
dan menilai guru PAI pada tingkat SMP di Kabupaten Bulukumba.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana Profesionalisme
Pengawas PAI pada SMP di Kabupaten Bulukumba, (2) Bagaimana gambaran
kompetensi guru PAI pada SMP di Kabupaten Bulukumba, (3) Mengetahui
Bagaimana kontribusi pengawas dalam meningkatkan kompetensi guru PAI pada
SMP di Kabupaten Bulukumba, (4) Mengetahui Faktor apa saja yang mendukung
dan menghambat profesionalisme pengawas dalam meningkatkan kompetensi guru
PAI dan solusinya.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian deskriptif
kualitatif dengan fokus penelitian pada pengawas PAI SMP di Kabupaten
Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan pedagogis, dan yuridis normatif. Sumber datanya adalah wawancara dengan
Kepala Kementerian Agama, Kasi Mapenda, pengawas PAI pada Kementerian
Agama Kabupaten, Pengawas PAI pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga,
kepala sekolah, guru PAI, dan peserta didik. Metode pengumpulan data dengan cara
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan cara reduksi data,
penyajian data, verifikasi data atau kesimpulan data hasil penelitian dan pengecekan
keabsahan data.
Hasil penelitian tesis ini menunjukkan bahwa pengawas PAI telah profesional
dalam membina dan menilai guru binaannya. Dimana kompetensi guru telah
meningkat dengan adanya pembinaan pengawas secara rutin yaitu guru dapat
menyusun perangkat pembelajaran, guru sangat aktif dalam kegiatan pembelajaran
di kelas dan membina kegiatan ekstrakurikuler. Namun dengan adanya Kepala Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga mengangkat pengawas PAI, sehingga tidak semua
pengawas melaksanakan tugasnya dengan maksimal karena tidak mengadakan
kontrak kerja sama dengan Kementerian Agama sehingga diantara pengawas PAI
terjadi saling mengharap untuk membina di lapangan. Hal lain pun, wilayah
kepengawasan tidak dibagi 5, melainkan dibagi sesuai jumlah pengawas PAI darixv
masing-masing instansi. Akibatnya masih ada sekolah yang tidak sempat
mendapatkan bimbingan. Demikian pula, tenaga pengawas PAI pada setiap jenjang
pendidikan masih kurang sehingga tidak sebanding dengan jumlah sekolah yang
semakin menjamur dan wilayah Kabupaten Bulukumba yang sangat luas serta
terdapat pulau dan pegunungan yang susah dijangkau oleh kendaraan umum dan
telekomunikasi.
Implikasi dari penelitian adalah diharapkan kepada Kepala Kementerian
Agama Kabupaten Bulukumba duduk bersama dengan Kepala Dinas Pendidikan
Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba membicarakan tentang posisi
pengawas PAI yang sebenarnya, sehingga pengawas menyatukan konsep dan dapat
membagi wilayah secara merata. Selain itu, pengawas perlu pelatihan, workshop dan
orientasi secara rutin. Begitupun dengan guru PAI, perlu banyak pelatihan dalam hal
penguasaan ICT. Begitu pula dengan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama
Provinsi Sulawesi Selatan memberikan perhatian tentang tersedianya pengawas, rekrutmen pengawas, penyediaan pusat-pusat pelatihan dan rencana kegiatan bimbingan
pengawas, serta pertimbangan pengadaan tenaga pengawas agar perekrutan tidak
sentralistis, tetapi mempertimbangkan aspek geografis dan daerah calon pengawas.
Dukungan dari semua pihak diperlukan dalam kelancaran tugas dan fungsi
kepengawasan terutama guru sebagai sasaran utama pembinaan.


Ketersediaan
#
Belum memasukkan lokasi (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100211113
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?