Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Penerapan Model-model Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar PAI Pada Peserta Didik SMK Negeri 1 Marisa di
Kabupaten Pohuwato
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Penerapan Model-model Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PAI Pada Peserta Didik SMK Negeri 1 Marisa di Kabupaten Pohuwato

Parman Pulumuduyo - Nama Orang;

Tesis ini membahas tentang penerapan model-model manajemen kelas dalam
meningkatkan motivasi belajar PAI pada peserta didik SMK Negeri 1 Marisa di
Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menggambarkan
(1) penerapan model konferensi kerja dan model sindikat pada pembelajaran PAI
SMK Negeri 1 Marisa di Kabupaten Pohuwato, (2) mengungkapkan secara
mendalam dan komprehensif penerapan model–model manajemen kelas PAI SMK
Negeri 1 Marisa di Kabupaten Pohuwato, (3) menganalisis dan merumuskan upaya
manajemen kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik SMK Negeri 1 Marisa di Kabupaten Pohuwato.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan (action research)
dengan menggunakan model Hopkins yang sesuai dengan penelitian tindakan kelas.
Jenis penelitian ini dianalisis dengan analisis kualitatif dan kuantitatif deskriptif.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan teologis, pedagogis, psikologis, dan
manajemen. Sumber data yaitu kepala sekolah SMK Negeri 1 Marisa, wakil kepala
sekolah SMK Negeri 1 Marisa dan guru PAI SMK Negeri 1 Marisa di Kabupaten
Pohuwato. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga
tahap, yaitu reduksi data, penyajian data (display data) verifikasi data dan penarikan
kesimpulan.
Melalui proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data maka hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat 66,67% responden belum memenuhi standar
manajemen kelas model konferensi kerja dan model sindikat dan hanya 33,33% yang
sudah memenuhi standar manajemen kelas model konferensi kerja dan model
sindikat. Selain itu, pelaksanaan pengembangan model-model pembelajaran masih
tradisional. Penerapan model konferensi kerja dan model sindikat pada siklus
pertama setelah diberi tindakan menunjukkan bahwa terdapat kenaikan rata-rataxix
40% responden yang berada pada tingkat memenuhi standar manajemen kelas. Hasil
tindakan pada siklus kedua setelah diberi tindakan pendampingan menunjukkan
bahwa rata-rata kenaikan sebanyak 36,67% responden berada pada tingkat
memenuhi standar manajemen kelas. Artinya, jumlah responden yang memenuhi
standar manajemen kelas mulai dari pengamatan awal sampai pada siklus kedua
rata-rata sebanyak 76,66% responden. Sedangkan target yang diharapkan adalah
sebanyak 70% responden berada pada tingkat memenuhi standar, yang artinya hasil
yang diperoleh melampaui target yang diharapkan. Dengan demikian siklus tindakan
dihentikan. Penerapan model-model manajemen kelas dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik SMK Negeri 1 Marisa Kabupaten Pohuwato memberikan
dampak positif, baik bagi guru maupun peserta didik. Hal ini terlihat dari adanya
peningkatan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model-model
manajemen kelas yang dilakukan oleh guru PAI SMK Negeri 1 Marisa Kabupatan
Pohuwato.
Implikasi penelitian ini diharapkan dapat memberikan perubahan guru PAI
dan kepala sekolah serta wakil kepala sekolah, menyangkut penerapan model-model
manajemen kelas, menjadi koreksi internal guru PAI, sebagai bahan evaluasi untuk
pembelajaran guru PAI dalam penerapan model-model manajemen kelas, diharapkan
dimasa yang akan datang terdapat peneliti yang lain untuk mendalami aspek-aspek
yang belum dibahas dalam tesis ini demi terwujudnya pendidikan yang berkualitas
sehingga akan melahirkan pula generasi yang berkualitas.


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100211112
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?