Text
TESIS:Analisis Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Pada SMPN Kecamatan Tatanga Kota Palu Sulawesi Tengah
Berkonsentrasi pada acuan judul, maka dibahas permasalahan yakni; (1)
Bagaimana kompetensi guru agama Islam pada dua SMP negeri di kecamatan
Tatanga kota Palu? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penerapan
kompetensi guru pendidikan agama Islam pada dua SMP negeri kecamatan Tatanga
kota Palu? (3)Bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi
guru pendidikan agama Islam pada dua SMP negeri di kecamatan Tatanga kota
Palu? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis kompetensi guru
pendidikan agama Islam SMP negeri kecamatan Tatanga kota Palu. (2) Untuk
mengetahui faktor pendukung dan penghambat kompetensi guru pendidikan agama
Islam pada SMP negeri di kecamatan Tatanga kota Palu. (3) Untuk mengetahi upaya
yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi guru pendidikan agama Islam di
dua SMP negeri kecamatan Tatanga kota Palu.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan teologis normatif,
pendekatan pedagogis, pendekatan psikologis dan pendekatan filosofis. Sumber data
diambil dari pengawas pendais, kepala sekolah 2 orang dan seorang wakil, 3 orang
guru pendidikan agama Islam serta 13 orang peserta didik kemudian instrumennya
adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedang analisis data yang dilakukan
adalah induktif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor pendukung adalah, guru
pendidikan agama Islam SMP negeri yang ada di kecamatan Tatanga telah memiliki
kompetensi yang ditandai kualifikasi pendidikan, pengalaman mengajar, kedisiplinan, gedung dan fasilitas sekolah memadai, peran kepala sekolah, keaktifan
pengawas pendais, banyaknya jumlah peserta didik. Namun faktor penghambat
yakni; karena ke tiga orang guru tersebut belum dapat menggunakan media
komputer, watak peserta didik cenderung dipengaruhi lingkungan luar sekolah serta
rawan keamanan lingkungan sekolah
Implikasi dalam penelitian ini adalah: 1) Sebaiknya guru pendidikan agama
Islam, agar lebih meningkatkan kompetensinya melalui kursus dalam mengoprasikan
media dan mengaktipkan ekstrakurikuler diluar jam pelajaran bagi peserta didik
serta melakukan penyuluhan di luar sekolah. 2) Dapat hendaknya guru pendidikan
agama Islam mendapat bea siswa pascasarana.
Tidak tersedia versi lain