Text
TESIS:Tipologi Pendidikan Pesantren (Analisis Sistem Pendidikan Pesantren Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Bone)
Penelitian ini membahas tentang ‚Tipologi Pendidikan Pesantren (Analisis
Sistem Pendidikan Pesantren Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Bone)‛, Tujuan
penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran objektif mengenai tipologi
pendidikan pesantren Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Bone. Permasalah
dikembangkan dalam tiga masalah pokok, yakni: profil dan karakteristik pesantren
Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Bone, realitas sistem yang diterapkan di pondok
pesantren Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Bone, dan tipologi sistem pondok
pesantren Ma’had Hadits al-Junaidiyah Biru Bone.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian
deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan pedagogis, psikologis, dan
pendekatan sosiologis. Untuk memperoleh data digunakan metode observasi,
wawancara, dokumentasi dan penelusuran referensi. Analisis data dengan cara:
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di Pondok Pesantren Ma’had Hadits alJunaidiyah Biru Bone mengikuti perkembangan, termasuk perkembangan sistemnya,
sebagaimana yang dialami lembaga pendidikan pada umumnya di Indonesia. Sistem
yang diterapkan tergolong modern, dengan indikator menajemen (pengelolaan)
berbasis musyawarah, pengelolaan berdasar kode etik dan jadwal kegiatan, sistem
pendidikan dan kurikulum mengacu pada sistem pendidikan dan kurikulum yang
dibuat pemerintah (kemenag) yang dipadukan dengan sistem pendidikan dan
kurikulum pesantren (yayasan). Sedangkan tipologi Pondok Pesantren Ma’had
Hadits al-Junaidiyah Biru Bone tidak termasuk tipologi pesantren tradisional dan
belum sepenuhnya memenuhi kriteria pesantren modern. Dengan demikian, dilihat
dari sistem pengelolaan/manajemen, sistem pembinaan santri, sistem pengajaran,
dan kurikulum yang diterapkan, serta berdasarkan indikator-indikator yang
ditemukan, maka sistem yang berjalan saat ini di pesantren al-Junaidiyah tidak
sepenuhnya dapat ditarik masuk ke dalam salah satu dari tiga tipologi pesantren
yang populer saat ini, karena tidak identik dengan salah satu di antara ketiga
tipologi yang ada. Hanya saja secara umum tipologinya dapat dimasukkan sebagai
tipologi perpaduan (gabungan) tradisional dan modern, karena indikator tradisonal
dan modern keduanya terdapat di Pondok Pesantren Ma’had Hadits al-Junaidiyahxiv
Biru Bone. Akan tetapi, penamaan itu tidak bermakna pengidentikan, melainkan
dengan pengertian tipologi yang paling mendekati. Penggolongan yang diberikan
hanya menunjukkan bahwa pesantren al-Junaidiyah lebih dekat pada tip`ologi itu
berdasarkan realitas sistem dan indikatornya. Tipologi sistem pesantren alJunaidiyah adalah lebih dekat pada kategori tipologi terpadu, yakni perpaduan
antara tipologi tradisional dan modern. Akan tetapi, penggolongan ini tidaklah
persis sepenuhnya memenuhi kriteria yang lazimnya digunakan.
Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat menanamkan pemahaman
bahwa perbedaan tipologi pesantren (lembaga pendidikan) antara yang tradisional
dengan yang modern tidak dipandang sebagai perbedaan yang kontradiktif,
melainkan perbedaan itu, memperkaya khasanah model sistem pendidikan yang
antara satu dan lainnya saling mengisi kekurangan, sehingga kedua corak tipologi
tersebut tetap diperlukan eksistensinya dalam membangun dan menata sistem
pendidikan nasional di masa yang akan datang.
Tidak tersedia versi lain