Text
TESIS:Persepsi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pelaksanaan Supervisi Pengawas Akademik pada SMP Negeri se Kota Kendari
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru PAI dalam
pelaksanaan supervisi pengawas akadmik pada SMP Negeri di Kota Kendari, untuk
mengetahui kendala yang dihadapi pengawas Pendidikan Agama Islam dalam
meningkatkan tanggapan pemahaman guru PAI pada SMP Negeri di Kota Kendari
serta untuk mengetahui yang dilakukan pengawas akademik Pendidikan Agama
Islam dalam membina guru PAI pada SMP Negeri se Kota Kendari.
Jenis Penulisan ini adalah Penulisan field research dengan analisis kualitatif
deskriptif. Pendekatan yang digunakan melalui pendekatan interdisipliner, yaitu
pendekatan teologis, manajerial, pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Teknik
pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Pengolahan data dilakukan melalui tiga tahap yakni reduksi data, display data, dan
verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Pengujian
keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan bahan referensi
yang mendukung.
Hasil Penulisan menunjukan bahwa; 1) Pelaksanaan supervisi pengawas
akademik yang dilakukan pengawas PAI pada SMP Negeri se Kota Kendari belum
maksimal, sehingga berimplikasi kepada inefektivitas dan inefisiensi pelaksanaan
tugas guru. Eksistensi pengawas ditentukan oleh kemampuan mengembangkan
kompetensi guru melalui pembinaan dan memotivasi guru berkesinambungan.
Terbangunnya hubungan kerja sama dengan mengacu pada prinsip kemitraan berusaha meningkatkan wawasan dan pengetahuan guru, merumuskan dan mengembangkan metode mengajar pendidikan agama Islam yang lebih baik, sesuai perkembangan zaman. 2) Persepsi guru PAI dalam pelaksanaan supervisi pengawas
akademik di SMP Negeri se Kota Kendari adalah pengawas akademik belum
mampu melaksnakan tugasnya secara maksimal, yang disebabkan oleh keterbatasan
kemampuan dan keahlian yang dimilikinya. Pelaksanaan tugas pengawas dalam menyusun programa pengawasan PAI pada satuan pendidikan disekolah, baik secara
individu atau kelompok guru PAI dalam pembinaan kegiatan supervisi. Kegiatan
tersebut terkait kepengawasan akademik dan manajerial lebih dioptimalkan, baik
sebagai supervisor internal maupun supervisi eksternal. 3) Kendala dan solusi yang
dihadapi pengawas akademik dalam melaksanakan tugasnya adalah kendala internal
dan kendala eksternal. Kendala internal yaitu: rendahnya kompetensi pengawas, kurangnya pengalaman dibidang kepengawasan, kelayakan usia pengawas, kedisiplinan ilmu pengawas yang tidak linear. Sedangkan beberapa kendala eksternal yang
dihadapi pengawas dapat Penulis identifikasi sebagai berikut: Guru lebih berkompeten dari pada pengawas, ketidaksesuaian antara guru dengan pengawas, lokasi
binaan pengawas yang sulit dijangkau. Adapun solusi untuk mengatasi kendala yangxviii
dihadapi pengawas akademik dalam melaksanakan tugasnya di SMP Negeri se Kota
Kendari adalah: Peningkatan kompetesnsi pengawas melalui kegiatan workshop,
Peningkatan kualifikasi pendidikan pengawas, Perekrutan pengawas harus sesuai
dengan regulasi, Perekrutan pengawas harus disesuaikan dengan disiplin ilmu, Kerja
sama yang baik antara guru dan pengawas.
Implikasi dari Penulisan ini adalah: 1) Pihak terkait seharusnya mampu
merumuskan program yang dapat menunjang upaya pemberdayaan pengawas sebagai pejabat fungsional maka diharapkan dalam perekrutan pengawas satuan pendidikan yang relevan, kualifiasi akademik yang angkutabel, pangkat dan golongan
harus lebih dari pada guru, pengalaman yang memadai pernah menjadi seorang guru
bahkan menjadi kepala sekolah, serta memilliki pengalaman dalamm bidang diklat
fungsional bidang keguruan dan kepengawasan. 2) Upaya meningkatkan wawasan
dan profesionalisme pengawas akademik dalam pelaksanaan tugas-tugas supervisi,
sehingga diharapkan kepada instansi terkait terutama kantor kementerian agama
dan dinas pendidikan untuk memberikan sprit berupa beasiswa studi lanjut dan
dapat mengikut sertakan para pengawas dalam setiap pelatihan/penataran yang berbasis akademik baik yang dilakukan di tingkat regional maupun nasional. 3)
Seharusnya pelaksanaan supervisi pengawas dalam meningkatkan kompetensi guru
PAI pada sekolah SMP Negeri se Kota Kendari bisa berjalan secara optimal, maka
diharpakan kepada seluruh stakeholder dapat bersama-sama terutama yang
berkaitan dengan sarana dan prasarana, pengadaan fasilitas alat transportasi yang
memadai. 4)Sebaiknya pelaksanaan supervisi pengawas akademik pada SMP Negeri
se Kota Kendari dapat meningkatkan mutu pendidikan maka diharapkan kapada seluruh stakeholder dapat bekerjasama dalam memberikan spirit dan ruang gerak yang
luas kepada pengawas dalam menerapkan aturan-aturan yang relevan dengan kondisi guru serta memberikan daya dukung terhadap segala kebutuhan guru terutama
yang berkaitan dengan peningkatan mutu pendidikan dan subsidi pendidikan kepada
guru untuk mengadakan peningkatan komptensi dan keprofesionalan guru.
Tidak tersedia versi lain