Text
TESIS:Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Peserta Didik SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Propinsi Sulawesi Barat
Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang hubungan kompetensi guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di
SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman. Dalam pembahasan terfokus pada empat
masalah: pertama, Bagaimana kompetensi guru pendidikan Agama Islam dalam
mengajarkan baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman?
Kedua, Bagaimana pelaksanaan baca tulis al-Qur’an bagi peserta didik SMK Negeri
Labuang Kabupaten Polman? Ketiga, Bagaimana pengaruh kompetensi guru PAI
terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik SMK Negeri Labuang
Kabupaten Polman? Keempat, Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan
penghambat pelaksanaan baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang Kabupaten
Polman serta bagaimana mengatasi hambatan tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang diteliti, maka tesis ini adalah penelitian
yang bersifat kuantitatif mengenai kinerja dan cara-cara atau metode yang
dipergunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan
baca tulis al-Qur’an bagi peserta didik SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman
dengan jalan survey, dengan menggunakan metode populasi dan sampel dimana
instrumen penelitian kajiannya adalah variabel tentang: 1. Kompetensi guru
Pendidikan Agama Islam, 2. Kemampuan baca tulis al-Qur’an, 3. Faktor pendukung
dan penghambat dan solusi pemecahannya. Metode pengumpulan datanya melalui
observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan datanya dilakukan
secaa kuantitatif dalam bentuk tabel dengan cara membagi hasil data distribusi
frekuensi. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogis, psikologis dan religius.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat erat antara
kompetensi seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan peningkatan
kemampuan baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan guru baca tulis al-Qur’an dengan hasil yang dicapai atau prestasi
pembelajaran siswa. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan
pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang adalah: a. Faktor
pendukung adalah adanya guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki kapasitas
yang memadai dalam hal baca tulis al-Qur’an sehingga proses pembelajaran baca
tulis al-Qur’an tetap berjalan, walaupun tidak secara maksimal. Tersedianya waktu
pembelajaran agama yang memungkinkan dilaksanakannya pembelajaran baca tulis
al-Qur’an, walaupun sangat minim, yaitu minimal sekali dalam seminggu.xx
Terdapatnya sarana pembelajaran baca tulis al-Qur’an di sekolah, seperti kelas dan
tempat ibadah, sekalipun sarana tersebut sangat sederhana. Adanya keinginan guru
untuk memberi pelajaran baca tulis al-Qur’an pada peserta didik SMK Negeri
Labuang sangat kuat. b. Faktor penghambat adalah masalah minimnya waktu yang
dapat digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajarkan baca
tulis al-Qur’an sehingga dengan jumlah peserta didik yang berada pada kisaran
kurang lebih 40 orang setiap kelas, tidak dapat teratasi dengan baik untuk
mendapatkan pelayanan pembelajaran dengan baik kurangnya guru Pendidikan
Agama Islam (PAI), terutama guru yang mengajarkan baca tulis al-Qur’an.
Implikasi penelitian ini adalah perlunya upaya meningkatkan penerapan
metode bervariasi dalam Pendidikan Agama Islam khususnya bagi guru dan peserta
didik dalam melakukan kegiatan proses pembelajaran dalam kelas, pentingnya guru
memiliki kemampuan dalam menerapkan metode bervariasi digunakan dalam proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Tidak tersedia versi lain