Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam
Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada
Peserta Didik SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman
Propinsi Sulawesi Barat
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an pada Peserta Didik SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman Propinsi Sulawesi Barat

Kurniah - Nama Orang;

Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang hubungan kompetensi guru
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan baca tulis al-Qur’an di
SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman. Dalam pembahasan terfokus pada empat
masalah: pertama, Bagaimana kompetensi guru pendidikan Agama Islam dalam
mengajarkan baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman?
Kedua, Bagaimana pelaksanaan baca tulis al-Qur’an bagi peserta didik SMK Negeri
Labuang Kabupaten Polman? Ketiga, Bagaimana pengaruh kompetensi guru PAI
terhadap kemampuan baca tulis al-Qur’an peserta didik SMK Negeri Labuang
Kabupaten Polman? Keempat, Faktor-faktor apa saja yang menjadi pendukung dan
penghambat pelaksanaan baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang Kabupaten
Polman serta bagaimana mengatasi hambatan tersebut.
Sesuai dengan permasalahan yang diteliti, maka tesis ini adalah penelitian
yang bersifat kuantitatif mengenai kinerja dan cara-cara atau metode yang
dipergunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kemampuan
baca tulis al-Qur’an bagi peserta didik SMK Negeri Labuang Kabupaten Polman
dengan jalan survey, dengan menggunakan metode populasi dan sampel dimana
instrumen penelitian kajiannya adalah variabel tentang: 1. Kompetensi guru
Pendidikan Agama Islam, 2. Kemampuan baca tulis al-Qur’an, 3. Faktor pendukung
dan penghambat dan solusi pemecahannya. Metode pengumpulan datanya melalui
observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Pengolahan datanya dilakukan
secaa kuantitatif dalam bentuk tabel dengan cara membagi hasil data distribusi
frekuensi. Pendekatan yang digunakan adalah pedagogis, psikologis dan religius.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang sangat erat antara
kompetensi seorang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan peningkatan
kemampuan baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang. Hal ini dapat dilihat dari
kemampuan guru baca tulis al-Qur’an dengan hasil yang dicapai atau prestasi
pembelajaran siswa. Faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan
pembelajaran baca tulis al-Qur’an di SMK Negeri Labuang adalah: a. Faktor
pendukung adalah adanya guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki kapasitas
yang memadai dalam hal baca tulis al-Qur’an sehingga proses pembelajaran baca
tulis al-Qur’an tetap berjalan, walaupun tidak secara maksimal. Tersedianya waktu
pembelajaran agama yang memungkinkan dilaksanakannya pembelajaran baca tulis
al-Qur’an, walaupun sangat minim, yaitu minimal sekali dalam seminggu.xx
Terdapatnya sarana pembelajaran baca tulis al-Qur’an di sekolah, seperti kelas dan
tempat ibadah, sekalipun sarana tersebut sangat sederhana. Adanya keinginan guru
untuk memberi pelajaran baca tulis al-Qur’an pada peserta didik SMK Negeri
Labuang sangat kuat. b. Faktor penghambat adalah masalah minimnya waktu yang
dapat digunakan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam mengajarkan baca
tulis al-Qur’an sehingga dengan jumlah peserta didik yang berada pada kisaran
kurang lebih 40 orang setiap kelas, tidak dapat teratasi dengan baik untuk
mendapatkan pelayanan pembelajaran dengan baik kurangnya guru Pendidikan
Agama Islam (PAI), terutama guru yang mengajarkan baca tulis al-Qur’an.
Implikasi penelitian ini adalah perlunya upaya meningkatkan penerapan
metode bervariasi dalam Pendidikan Agama Islam khususnya bagi guru dan peserta
didik dalam melakukan kegiatan proses pembelajaran dalam kelas, pentingnya guru
memiliki kemampuan dalam menerapkan metode bervariasi digunakan dalam proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam.


Ketersediaan
#
Pascasarjana 2X7
80100210087
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?