Text
TESIS:Peranan Komunikasi Guru Mata Pelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlak Mulia di MTs Pondok Pesantren al Urwatul Wutsqaa Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidrap
Penelitian ini bertujuan:1) Untuk mengetahui gambaran komunikasi guru
mata pelajaran Akidah Akhlak dalam membentuk akhlak mulia peserta didik MTs
pondok pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng. Untuk mengetahui gambaran
akhlak mulia peserta didik di MTs pondok pesantren Al Urwatul Wutsqaa Benteng.
Untuk mengetahui bentuk peranan komunikasi guru mata pelajaran Akidah Akhlak
dalam membentuk akhlak mulia peserta didik MTs pondok pesantren Al Urwatul
Wutsqaa Benteng Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.
Penelitian ini tergolong jenis penelitian kualitatif, dalam penelitian ini di
gunakan pendekatan teologis normatif, psikologis, historis, dan pedagogis. Dengan
Sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Instrumen penelitian ini adalah
peneliti sebagai key instrument dengan menggunakan check list, buku, pulpen,
pedoman wawancara, adapun metode pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara
berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data, dan
pengujian keabasahan data (triangulasi).
Hasil penelitian 1) menjalin komunikasi guru di dalam pondok pesantren
yaitu melakukan pembinaan akhlak kepada peserta didik baik didalam maupun diluar
kelas. Komunikasi di luar pondok dengan menjalin kerjasama antara masyarakat
serta orang tua santri dalam membina dan memantau perkembangan akhlak santri. 2)
merupakan gambaran akhlak mulia peserta didik MTs pesantren Al Urwatul Wutsqa
dalam bentuk kedisplinan, dan prilaku peserta didik melalui komunikasi dengan
seluruh warga pondok pesantren. 3) penciptakan peserta didik yang sempurna serta
memiliki akhlak yang luhur dan membentuk akhlak peserta didik dengan tiga
indikator yaitu metode pembiasaan, pemberian nasehat, dan keteladanan.
Implikasi dari hasil penelitian yaitu. Mengharapkan kepada kementerian
Agama terkhusus untuk seksi Pokapontren agar dapat memperbanyak kunjungan ke
pondok pesantren, guru akidah akhlak bekerja sama dengan masyarakat dan orang
tua santri dalam membentuk dan memantau perkembangan akhlak santri, Berkaitan
dengan materi pembelajaran telah banyak bimbingan dan pelatihan baik oleh
pemerintah maupun swasta yang bergerak di bidang peningkatan mutu guru, untuk
mengadakan kegiatan-kegiatan pembinaan usaha dan upaya guru dituntut untuk
berperan serta pada kegiatan tersebut demi pencapaian kualitasnya
Tidak tersedia versi lain