Text
TESIS:Pelaksanaan Tugas Pengawas Dalam Pembinaan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap.
Tesis ini mengkaji tentang Pelaksanaan Tugas Pengawas Dalam Pembinaan
Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Kecamatan Panca Rijang
Kabupaten Sidrap. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui proses
pelaksanaan tugas pengawas dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan Agama
Islam Sekolah Dasar di Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap, (2) Untuk
mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan tugas pengawas terhadap
Kinerja guru Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar di Kecamatan Panca
Rijang Kabupaten Sidrap, (3) untuk mengetahui hasil peran pelaksanaan tugas
pengawas terhadap kinerja guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar di
Kecamatan Panca Rijang Kabupaten Sidrap.
Jenis penelitian ini adalah deskriftif kualitatif. Sumber data diambil dari
pengawas pendais, para kepala sekolah yang berjumlah 23 orang, dan para guru PAI
sebanyak 25 orang. Instrumennya adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan atau verifikasi data. Data yang di analisis secara kuantitatif yaitu untuk
mengetahui peningkatan kinerja guru PAI dan mengetahui dampak peningkatan
motivasi pengawas terhadap kinerja guru PAI Selanjutnya dilakukan pengujian
keabsahan data dengan cara perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan
dan trianggulasi.
Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasil
penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, bahwa Pengawas Pendais selama ini
cenderung lebih banyak melaksanakan supervisi manajerial dari pada supervisi
akademik, agar guru memperbaiki cara pembelajaran di kelas. Kedua, faktor yang
mempengaruhi pelaksanaan tugas pengawas adalah faktor pendukung dan
penghambat.. Ketiga, hasil pelaksanaan tugas pengawas, dapat dilaksanakan melalui
tugas utama guru dalam mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik begitu cukup tinggi, mengembangkan media
dan materi pembelajaran dengan maksimal untuk melaksanakan tujuan pendidikan,
mengikut sertakan guru PAI dalam berbagai kegiatan.
Implikasi dalam penelitian ini adalah, peneliti menyarankan kepada pengawas
PAI agar lebih proaktif memberikan motivasi kepada guru PAI dalam meningkatkan
kinerjanya, melakukan supervisi secara interns dan aktif, selalu terbuka dalam
menerima saran dan masukan dari semua pihak. Untuk kepala sekolah agar
memberikan pengarahan secara terus menerus kepada guru PAI, melengkapi sarana
prasarana dan mengatasi segala hambatan. Untuk guru PAI diharapkan
meningkatkan kualitas pribadi melalui jalur pendidikan yang lebih tinggi, aktif
mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan profesi guru, aktif mengikuti pelatihan.
Tidak tersedia versi lain