Text
TESIS:Kompetensi Profesional Pengawas Guru PAI SMP Negeri di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone.
Hasil penelitian Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah kompetensi
profesional Pengawas guru PAI di SMP Negeri Kecamatan Tanete Riattang. Rumusan
masalah dalam tesis ini aterbagi dalam beberapa sub masalah yakni gambaran kompetensi
profesional pengawas guru PAI SMP Negeri di Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten
Bone dan kinerja pengawas PAI SMP Negeri di Kecamatan Tanete Riattang
Kabupaten Bone. Penelitian ini bertujuan adalah untuk mengetahui gambaran
kompetensi profesional pengawas guru PAI SMP Negeri di Kecamatan Tanete
Riattang Kabupaten Bone dan Kinerja pengawas PAI SMP Negeri di Kecamatan
Tanete Riattang Kabupaten Bone .
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.
Untuk membahas masalah tersebut peneliti menggunakan, pendekatan
penelitian;teologis normatif, yuridis formal pedagogis dan manajerial. Sumber data
dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer yaitu Kepala Sekolah, Wakil
Kepala Sekolah, guru pendidikan agama Islam, peserta didik dan sumber data sekunder
yaitu dalam bentuk dokumen seperti RPP dan dokumentasi penting tentang
kepengawasan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, interview
(wawancara), dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan mulai dari data
reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion
drawing/verification penarikan kesimpulan. Teknik Pengecekan keabsahan data di
lapangan digunakan triangulasi yakni triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi
waktu
Menunjukan bahwa gambaran profesionalisme pengawas PAI yakni
profesionalisme pengawas yang terdiri dari Kompetensi kepribadian, kompetensi
supervisi manajerial, kompeteni supervisi akademik, kompetensi evaluasi pendidikan, ,
kompetensi sosial dan kompetensi kepemimpinan. dan tidak semua komptensi yang
diimplementasikan dalam melaksanakan tugas profesional pengawas. Dampak
kompetensi profesional pengawas guru PAI SMP Negeri di Kecamatan Tanetexviii
Riattang yakni pengawas sebagai narasumber, pengawas sebagai fasilitator, pengawas
sebagai pengendali peningkatan mutu dan pengawas sebagai penilai atau asesor.
Implikasi penelitian ini adalah diharapkan pengawas lebih profesional dalam
bidangnya sehingga kinerja guru PAI dapat meningkat, peneliti mengharapkan, baik
kepala sekolah maupun guru lebih meningkatkan kinerjanya sehingga tujuan
pendidikan dapat tercapai, Diharapkan dengan tulisan ini dapat menjadi bahan acuan
bagi pengawas dalam melaksanakan supervisi di sekolah dan menjadikan pengawas
sebagai kolega dalam melaksakan bimbingan dan arahan serta meskipun dalam
penelitian yang dilakukan peneliti tidak memberikan kesimpulan yang negatif, untuk
peningkatan kualitas sekolah yang bersangkutan, peneliti berpendapat perlu diadakan
penelitian lebih lanjut untuk mengetahui faktor lain yang berpengaruh terhadap
peningkatan kinerja guru PAI.
Tidak tersedia versi lain