Text
TESIS:Strategi Guru Bimbingan Konseling Dalam Upaya Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.
Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah strategi guru bimbingan konseling
dalam upaya meningkatkan akhlak mulia peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri
Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.Tujuan penelitian ini
adalah Untuk menggambarkan kondisi umum akhlak peserta didik madrasah
tsanawiyah negeri Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang.
Untuk mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat guru bimbingan
konseling dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik madrasah tsanawiyah
negeri Baranti kecamatan Baranti kabupaten Sidenreng Rappang. Untuk
mendeskripsikan strategi guru bimbingan konseling dalam upaya meningkatkan
akhlak mulia peserta didik madrasah tsanawiyah negeri Baranti kecamatan Baranti
kabupaten Sidenreng Rappang.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya peneliti menggambarkan
kenyataan secara benar. Untuk membahas masalah tersebut peneliti menggunakan
pendekatan penelitian; Pendekatan teologis normatif, pedagogis, psikologis, Sumber
data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder.
Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai human instrumen dengan
menggunakan chek list, buku, pulpen, pedoman wawancara dan kamera. Teknik
pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil Strategi guru bimbingan konseling dalam upaya meningkatkan akhlak
mulia peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri Baranti Kecamatan Baranti
Kabupaten Sidenreng Rappang yaitu sebagai berikut: Kondisi umum akhlak peserta
didik MTsN Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng Rappang Perilaku
Peserta Didik yang dimaksudkan disini ialah yang berkaitan dengan akhlak anak
dalam kaitannya dengan hormat, patuh dan santun dalam pergaulan di lingkungan
Madrasah, Peserta didik masih ada yang terlambat serta suka bolos namun di
antisipasi dengan menggunakan hukuman yaitu dikeluarkan, Faktor Pendukung:
Kurikulum, Partisipasi aktif orang tua dalam mendukung setiap program kegiatan
guru BK di MTs N Kecamatan Baranti, warga madrasah memberikan dukungan
penuh untuk setiap pelaksanaan pembelajaran, yang berhubungan dengan agama
serta pembinaan mental peserta didik. Faktor Penghambat: Faktor internal, Faktor
eksternal. Strategi guru bimbingan konseling dalam upaya meningkatkan akhlak
mulia peserta didik di MTsN Baranti Kecamatan Baranti Kabupaten Sidenreng
Rappang adalah ada tiga hal yaitu menanamkan dan membangkitkan keyakinan
beragama, menanamkan etika pergaulan dan menanamkan kebiasaan yang baik.
Implikasi dari hasil penelitian yaitu Meningkatkan kemampuan pendidik
dengan lebih menambah pengetahuannya dalam mengajar melalui MGMP PAI
supaya para guru yang merasa dirinya belum mampu bisa melakukan tukar menukar
pengalaman dan ilmu untuk mlebih memaksimalkan kompetensinya. Kepala
madrasah agar bisa memfasilitasi pendidik dalam yang menempuh pendidikan
kejenjang lebih tinggi, serta melakukan supervisi untuk mengetahui kemampuan
guru yang ada dilingkungan mengajarnya.
Tidak tersedia versi lain