Text
TESIS:Optimalisasi Kolaborasi Kepala Madrasah dan Komite Madrasah dalam Mengembangkan Pendidikan di MTs. Alkhairaat Lumbumamara Kabupaten Donggala
Tesis ini mengkaji tentang optimalisasi kolaborasi kepala madrasah dan
komite madrasah dalam mengembangkan pendidikan di MTs Alkhairaat
Lumbumamara Kabupaten Donggala. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
peran, kontribusi komite madrasah, dan optimalisasi kolaborasi kepala madrasah dan
komite dalam mengembangkan pendidikan di MTs Alkhairaat Lumbumamara
Kabupaten Donggala. Adapun masalah yang diteliti adalah: pertama, bagaimana
peran yang dijalankan oleh Komite Madrasah dalam mengembangkan pendidikan di
MTs. Alkhairaat Lumbumamara. Kedua, Kontribusi Komite Madrasah terhadap
peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan kemampuan profesional
dan peningkatan kesejahteraan guru. Ketiga, Bagaimana upaya optimalisasi
kobalorasi Kepala Madrasah dan komite madrasah dalam mengembangkan
pendidikan di MTs. Alkhairaat Lumbumamara.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian lapangan ini adalah pendekatan
fenomenologis, sosiologis, pedagogis dan manajemen. Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang penulis
gunakan dalam teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Data yang dikumpulkan diperdalam dengan menggunakan analisis
deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian, pertama, peran Komite Madrasah yaitu sebagai pemberi
pertimbangan (advisory agency), pendukung (supporting agency), pengontrol
(controlling agency) dan mediator telah Komite Madrasah jalankan dengan baik
Kedua adanya kontribusi nyata dalam peningkatan pengembangan pendidikan
tentang adanya peningkatan sarana dan prasarana pendidikan, peningkatan
kemampuan profesionalisme dan peningkatan kesejahteraan guru di MTs Alkhairaat
Lumbumamara, Ketiga Upaya optimalisasi kobalorasi Kepala Madrasah dan komite
madrasah dalam usaha mengembangkan pendidikan adalah 1). membangun
kepercayaan kepada stakeholders, 2). membangun rasa kekeluargaan antar keluarga
besar MTs, dan 3). memberikan wewenang kepada orang yang mempunyai
komitmen dan expert.
Implikasi dari penelitian ini adalah kolaborasi kepala madrasah dan Komite
Madrasah serta seluruh pihak yang terkait perlu diintensifkan dan dipertahankan
bahkan dikembangkan secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan di MTs. Alkhairaat Lumbumamara.
Tidak tersedia versi lain