Text
TESIS:Pelaksanaan Kepengawasan melalui Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di Madrasah Tsanawiyah Al-Hikam Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan kepengawasan
pada Madrasah Tsanawiyah Al-Hikam Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto; (2)
Mendeskripsikan penerapan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) pada Madrasah
Tsanawiyah Al-Hikam Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto; dan (3) Mengungkap
faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kepengawasan melalui Manajemen
Berbasis Madrasah (MBM) di Madrasah Tsanawiyah Al-Hikam Kecamatan Turatea
Kabupaten Jeneponto. Dengan masalah pokok adalah bagaimana pelaksanaan
kepengawasan melalui Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di Madrasah
Tsanawiyah Al-Hikam Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat
deskriftif kualitatif karena penelitian ini menggambarkan apa adanya sesuai yang
terjadi di lapangan/lokasi penelitian. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini
adalah pendekatan normatif teologis, sosiologis, pedagogis, dan psikologis. Sumber
data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data
sekunder. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik pengolahan
data dilakukan mulai dari reduksi data, member check, triangulasi dan audit trail
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawas Kementrian Agama yang
memiliki tugas pokok sebagai pengawas madrasah memiliki banyak kendala dan
hambatan, yakni disamping membimbing dan mengawasi guru madrasah tetapi
membimbing dan mengawasi pula guru agama di sekolah umum. Tetapi dari sekian
banyak kendala dan hambatan yang ada dengan Pelaksanaan Kepengawasan melalui
Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) yang diterapkan oleh pengawas Kementrian
Agama Kabupaten Jeneponto terkhusus di Madrasah Tsnawiyah Al-Hikam
Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto, segala kendala dan hambatan tersebut
praktis dapat teratasi dengan pemberian kepercayaan pengawas kepada pihak
madrasah Tsanawiyah Al-Hikam, terutama kepada kepala madrasah yang bertindak
selaku supervisor/pengawas kepada setiap tenaga pendidik maupun tenaga
kependidikan yang apabila sewaktu-waktu pihak pengawas tidak ada, ini
menandakan bahwa pihak Madrasah Tsanawiyah Al-Hikam Kecamatan Turatea
Kabupaten Jeneponto sudah mampu menerapkan Manajemen Berbasis Madrasah
(MBM) tanpa memerlukan pengawasan yang intensif dari pihak pengawas
madrasah. Dari pelaksanaan tugas tersebut, terlihat gambaran adanya pengelolaanxix
madrasah yang cukup baik ini tercermin dari segenap unsur yang ada baik itu pihak
komite madrasah, pemerintah dan tokoh masyarakat sangat mensupport programprogram yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Al-Hikam, penerapan
manajemen madrasah yang baik tentunya menhasilkan kualitas peserta didik yang
kompeten, baik di segi pembelajaran maupun dari segi prestasi dan lulusan (output),
semua itu berkat dari kepengawasn melalui Manajemen Berbasis Madrasah (MBM)
yang dilaksanakan oleh pengawas dan pihak pengelola madrasah yang mampu
merespon atas segala petunjuk dan kontribusi yang diberikan oleh pengawas,
disamping itu dukungan dari orang tua wali yang memiliki kesadaraan beragama
yang cukup tinggi hingga pihak madrasah tidak merasa kesulitan dalam membentuk
karakter para peserta didik.
Penelitian ini berimplikasi pada proses pengelolaan madrasah, pembelajaran,
kualitas output peserta didik, tenaga pendidik dan kependidikan, kepala madrasah,
pengawas dan pemerintah. Oleh sebab itu partisipasi semua pihak perlu diwujudkan
dalam peningkatan Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) di Madrasah
Tsanawiyah Al-Hikam Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto.
Tidak tersedia versi lain