Text
TESIS:Penerapan PAIKEM dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo
Tesis ini mengkaji penerapan PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri Widyakrama. Permasalahan
yang dibahas dalam tesis ini meliputi bagaimana penerapan PAIKEM pada mata
pelajaran PAI di SMP Negeri Widyakrama Kabupaten Gorontalo, bagaimana respon
peserta didik terhadap strategi PAIKEM pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri
Widyakrama Kabupaten Gorontalo, bagaimana upaya-upaya yang dilakukan Guru
PAI terhadap penerapan PAIKEM dalam meningkatkan motivasi belajar peserta
didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri Widyakrama
Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan pedagogis, psikologis dan
fenomenologi. Sumber data yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, kepala
urusan, kepala tata usaha, guru pendidikan agama Islam, peserta didik. Instrumen
penelitian mengunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dokumentasi.
Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Kemudian dilakukan teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap, yaitu
reduksi data, penyajian data (display data) dan verifikasi data atau penarikan
kesimpulan.
Setelah mengadakan analisis terhadap data yang diperoleh, hasilnya
menunjukkan bahwa penerapan strategi PAIKEM pada mata pelajaran pendidikan
agama Islam di SMP Negeri Widyakrama telah dilaksanakan berdasarkan prinsipprinsip PAIKEM, yaitu memahami sifat dan prilaku peserta didik, mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, kreatif, mengembangkan ruang kelas sebagai lingkungan
dan sumber belajar yang menarik, dan memberikan umpan balik yang baik untuk
meningkatkan kegiatan belajar, dengan indikator penerapanya melalui metode dan
medol pembelajaran yang bervariasi, pembelajaran yang berpusat pada peserta didik,xiii
pengelolaan kelas yang baik, serta mengadakan refleksi diakhir proses pembelajaran.
Respon positif peserta didik terhadap penerapan strategi PAIKEM, sehingga dapat
menunjang peningkatkan motivasi belajar. Hal ini terwujud atas upaya-upaya yang
dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dengan melalui penerapan metode dan
model pembelajaran yang bervariasi, pengelolaan kelas dengan baik, serta
pengaturan tempat duduk peserta didik.
Implikasi penelitian ini memberi kontribusi dalam meningkatkan motivasi
belajar peserta didik, sehingga diharapkan strategi PAIKEM benar-benar menjadi
role model dalam pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif dan menyenangkan
yang pada akhirnya, hasil belajar peserta didik meningkat
Tidak tersedia versi lain