Text
TESIS:Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru pada SMP Nurul Ihsan Kabupaten Tolitoli .
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran kepemimpinan kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMP Nurul Ihsan Tolitoli yang
dipaparkan secara mendalam, prosedur dan langkah kongkrit kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru di SMP Nurul Ihsan serta faktor pendukung dan
penghambat peran kepala sekolah dama meningkatkan kinerja guru di SMP Nurul
Ihsan.
Penelitian ini adalah bentuk penelitian lapangan (field research) yang
bersifat deskriptif kualitatif, dengan menggunakan beberapa pendekatan yakni,
padagogis, sosiologis, psikologis dan manajerial. Penulis juga menggunakan
beberapa insturumen untuk memperoleh data antara lain pedoman observasi,
blangko, dokumentasi, dan wawancara. Jenis data yang dibutuhkan dalam penelitian
ini adalah data primer dan data sekunder. Sementara teknik pengupulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi mengacu kepada analisa
dedukatif dan induktif dengan menggunakan beberapa metode yang relevan dengan
variabel utama yang akan diteliti,sedangkan informan sebagai nara sumber adalah
kepala sekolah, guru, dan peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan kepemimpinan kepala SMP
Nurul Ihsan dalam melaksanakan tugasanya dengan penuh tanggung jawab,dengan
tujuan untuk meningkatkan kinerja guru,dengan melakukan pendekatan normatif
atau memberikan motivasi guru untuk selalu bekerja sesuai dengan tugasnya, dengan
keahlian dalam bidang studi yang diajarkan , Prosedur yang dikehendaki kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru adalah melakukan pengawasan dengan
pendekatan musyawarah, komunikasi, perencanaan, koordinasi dan evaluasi, dengan
penerapan ini akhirnya semua maksud akan terwujud. Berdasarkan hasil penelitian
maka dapat digambarkan bahwa untuk mendukung semua program kepala sekolah
dalam peningkatan kinerja adalah faktor eksternal dan internal, sarana dan prasarana,
metode dan program.
Penelitian ini memeberikan implikasi bahwa menjadi pimpinan sekolah
sebaiknya melaksanakan tugasnya secara transparan penuh tanggung jawab, semua
kebijakan yang diambil harus transparan kepada bawahannya. Hendaknya kepala
sekolah senantiasa bermusyawarah dengan bawahanya setiap sekali sebulan
melakukan evaluasi. Untuk mengatasi faktor penghambat terhadap penyelenggaraan
pendidikan, khususnya keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru di harapkan kesatuan langkah dan kebersamaan tujuan semua komponen
sekolah baik kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orang tua serta masyarakat
sekitar untuk bersama-sama melaksanakan visi dan misi di SMP Nurul Ihsan
Kabupaten Tolitoli.
Tidak tersedia versi lain