Text
TESIS:Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar
Tesis ini berkenaan dengan studi tentang peranan guru Pendidikan Agama
Islam dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik SD Inpres Unggulan BTN
Pemda Makassar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk memperoleh gambaran
akhlak peserta didik SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar; (2) Untuk
menganalisis faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan peningkatan akhlak
mulia peserta didik SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar; (3) Untuk
menjelaskan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlak
mulia peserta didik di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar.
Penulisan tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan teologis normatif, pedagogis dan psikologis. Adapun instrumen penelitian yaitu pedoman observasi dan pedoman wawancara. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Reduksi data yaitu peneliti merangkum beberapa data yang dianggap
penting untuk dianalisis, kemudian dimasukan ke dalam pembahasan. Penyajian
data, yaitu peneliti memperoleh data dan keterangan dari objek yang bersangkutan,
kemudian disajikan untuk dibahas guna menemukan kebenaran yang hakiki.
Verifikasi data, yaitu peneliti membuktikan kebenaran data yang dapat diukur,
diperoleh melalui informan yang memahami masalah yang diajukan, dengan tujuan
menghindari adannya unsur subjektivitas yang dapat mengurangi bobot kualitas
tesis ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Akhlak peserta didik SD Inpres
Unggulan BTN Pemda Makassar sudah baik. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan
salat berjamaah sudah berjalan dengan lancar, penerapan budaya salam juga berjalan
sesuai harapan, setiap siswa ketika bertemu dengan warga sekolah selalu mengucapkan salam termasuk ketika masuk kelas. Selanjutnya budaya bersih juga berjalan
efektif, karena siswa selalu antusias mengikuti sabtu bersih dan sudah membuang
sampah pada tempatnya; (2) Faktor pendukung pelaksanaan peningkatan akhlak
mulia peserta didik SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar adalah adanya
dukungan penuh dari kepala sekolah dan guru-guru melalui keteladanan, sarana dan
prasarana yang memadai seperti musallah dan kantin sehat. Sedangkan faktor
penghambat ialah kondisi sosial rumah tangga peserta didik, lingkungan di luar
sekolah dan peserta didik belum paham pentingnya akhlak mulia; (3) Adapun upaya
guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlak mulia peserta didik di SDv
Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar adalah memberikan contoh yang baik terkait
penerapan budaya salam, budaya bersih dan pembiasaan salat berjama‘ah serta
memberikan sanksi bagi peserta didik yang masuk kelas tanpa mengucapkan salam.
Hal tersebut di atas berimplikasi: Pihak sekolah dalam hal ini kepala sekolah
meningkaatkan kerjasama dengan guru Pendidikan Agama Islam, guru-guru dan
pegawai sekolah untuk menunjukkan semangat kerja, sopan santun dan saling
menghargai guna menjadi panutan dan teladan bagi peserta didik. Membangun
komunikasi dengan stakeholder dan orangtua peserta didik untuk melengkapi sarana
dan prasarana sekolah sebagai solusi mengatasi hal-hal yang dapat menghambat
peningkatan akhlak mulia peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam membangun
upaya yang lebih efektif dan variatif demi terwujudnya akhlak mulia peserta didik
SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar.
Tidak tersedia versi lain