Text
TESIS:Pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sengkang Kab. Wajo
Tujuan penelitian ini adalah untuk memeroleh gambaran obyektif
mengenai pengaruh minat belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa dalam Mata
Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Sengkang. Dikembangkan
dalam tiga permasalahan pokok, yakni: Bagaimana gambaran minat belajar siswa
pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Sengkang, bagaimana prestasi siswa
pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Sengkang, apakah ada pengaruh yang
signifikan minat belajar siswa terhadap Prestasi Belajar Siswa pada mata
pelajaran PAI di SMK Negeri 1 Sengkang.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian
kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara, angket,
dan dokumentasi dengan jumlah sampel sebanyak 78 siswa (10 %) dari 789 siswa
dengan teknik Stratified Random Sampling menjadi sampel penelitian dan 3 orang
guru dengan sampel jenuh, selanjutnya data yang terkumpul di analisis dengan
menggunakan bantuan perangkat lunak program SPSS (Statical Product and
Service Solution) for Windows seri 16.0.1.dengan rumus korelasi Pearson Product
Moment (PPM). .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan gambaran minat belajar
siswa pada mata pelajaran PAI di SMK Negeri I Sengkang tinggi. Prestasi belajar
siswa dalam mata pelajaran PAI juga termasuk tinggi dengan rata-rata 81,21.
Dalam penelitian ini juga terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap
Prestasi Belajar Siswa. Dengan harga a = 83,284 dan harga koefisien regresi 0,058
dengan kata lain setiap penambahan skor minat belajar akan meningkatkan
prestasi belajar sebesar 0,058.
Implikasi dari penelitian diharapkan siswa SMK Negeri 1 Sengkang agar
senantiasa tesis ini memiliki makna akademik yang dapat menambah informasi dan
memperkaya khazanah intelektuan. Guru hendaknya menciptakan pembelajaran yang
menarik dan menyenangkan. Kepada peneliti berikutnya dapat mengembangkan sudut
pandang yang lain dari sudut pandang yang peneliti lakukan.
Tidak tersedia versi lain