Text
TESIS:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu PAI di SDN 07 Kendari Barat Kota Kendari
Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah implementasi KTSP dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SDN 07 Kendari Barat. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan implementasi KTSP dalam meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di SDN 07 Kendari Barat. Untuk mengetahui
dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat serta solusi implementasi
KTSP dalam meningkatkan mutu Pendidikan Agama Islam di SDN 07 Kendari Barat.
Untuk mengetahui hasil implementasi KTSP dalam meningkatkan mutu Pendidikan
Agama Islam di SDN 07 Kendari Barat Kota Kendari.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif artinya peneliti mendeskripsikan
kenyataan di lapangan secara benar. Untuk membahas masalah tersebut peneliti menggunakan pendekatan teologis normatif, pedagogis, psikologis, dan Yuridis Formal.
Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder.
Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai human instrumen dengan menggunakan
chek list, buku, pulpen, pedoman wawancara dan kamera.Teknik pengumpulan data
observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara
berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data, verifikasi data, dan
pengujian keabasahan data (triangulasi).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi KTSP dilakukan
dengan beberapa tahapan yaitu tahap persiapan kegiatan pembelajaran, pelaksanaan
kegiatan pembelajaran dan menutup kegiatan pembelajaran namun belum maksimal.
Faktor pendukung yang melandasi dan menyemangati implementasi KTSP adalah
landasan Yuridis Formal, sarana dan prasarana dan pendanaan. Faktor penghambat
implementasi KTSP adalah terbatasnya kemampuan guru PAI memahami KTSP,
kurangnya pengembangan aktivitas dan kreativitas peserta didik, kuarangnya motivasi
belajar peserta didik, lemahnya pemahaman peserta didik terhadap mata pelajaran PAI,
lemahnya pembinaan disiplin, dan minimnya alokasi waktu. Solusi terhadap faktor
penghambat dalam meningkatkan mutu PAI adalah peningkatan kualitas guru PAI
secara berkesinambungan, meningkatkan motivasi belajar peserta didik, meningkatkan
pembinaan disiplin, mengintegrasikan mata pelajaran PAI pada mata pelajaran umum,
penambahan alokasi waktu. Hasil Implementasi KTSP dapat dilihat dari nilai laporan
hasil belajar peserta didik, kemampuan peserta didik mengetahui ajaran Islam.
Implikasi dalam penelitian ini adalah, jika pengimplementasian KTSP dapat meningkatkan mutu PAI di SDN 07 Kendari Barat maka diharapkan kepada semua guru
dan stakeholder dapat bekerja sama dalam memberikan spirit dan ruang gerak yang luas
kepada guru PAI dalam menerapkan aturan-aturan yang relevan dengan kondisi peserta
didik serta memberikan daya dukung terhadap segala kebutuhan peserta didik yang
berkaitan dengan pengadaan buku-buku referens dan media pembelajaran sebagai
penunjang mata pelajaran PAI untuk untuk mengadakan pembinaan kepada peserta
didik dalam meningkatkan mutu PAI.
Tidak tersedia versi lain