Text
TESIS:Strategi Pengembangan Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan KTSP di SDN 5 Kabupaten Tolitoli.
Tesis ini merupakan hasil penelitian tentang Strategi Pegembangan
Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkatkan KTSP di SDN 5 Kabupatn Tolitoli
pembahasannya terfokus pada tiga masalah.(1) bagaimana strategi pengembangan
pendidikan agama Islam dalam meningkatkan KTSP di SDN 5 Kabupaten Tolitoli
(2)apa faktor pendukung dan penghambat strategi pengembangan pendidikan agama
Islam dalam meningkatkan KTSP di SDN 5 Kabupaten Tolitoli (3) Bagaimana hasil
strategi pengembangan pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan KTSP di SDN
5 Tolitoli Kabupaten Tolitoli.
Tujuan strategi pengembangan pendidikan Agama Islam adalah untuk
mengetahui pengembangan pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan KTSP di
SDN 5 Kabupaten Tolitoli, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor
penghambat tentang strategi pengembangan PAI dalam meningkatkan KTSP di SDN
5 kabupaten Tolitoli untuk mengetahui hasil strategi pengembangan PAI di SDN 5
Kabupaten Tolitoli .dan mendeskripsikan tentang solusi yang ditemukan dalam
mengatasi kendala yang sering menghambat guru dalam strategi pengembangan PAI
dalam meningkatkan KTSP di SDN 5 Kabupaten Tolitoli.
Metode yang dipakai dalam penelitian tesis ini termasuk jenis field research
(sehingga datanya divalidasi melalui penelitian kualitatip deskriptif. Oleh karena itu,
metode analisisnya menggunakan teknik analisis deduktif,induktif dan
kompratif.Sementara data yang terkumpul menggunakan( wawancara, observasi dan
dokumentasi). Pendekatan yang digunakan adalah psikologis, paedagogis.dan
penelitian teologis.
Hasil peneliti Tesis ini merumuskan bahwa strategi pengembangan
Pendidikan Agama Islam di SDN 5 Kabupaten Tolitoli dan membentuk kepribadian
peserta didik,terbilang cukup berhasil indikator keberhasilan pengembangan
pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kurikulum tingkat satuan pendidikan
tersebut,terlihat pada sikap,sifat,dan perilaku peserta didik,sopan santun terhadap
guru,kepatuhan, kedisiplinan, terhadap tata tertib sekolah dan sikap patuh dan
berbakti kepada orang tua.Karena demikian halnya maka penerapan strategi yang
dilakukan guru dalam meningkatkan prestasi peserta didik dianggap telah berhasil
dengan perspektif kurikulum tingkat satuan pendidikan, walaupun ditemukan
beberapa kendala yang merintanginya. Untuk itulah, masih diperlukan penerapan
strategi yang maksimal dalam meningkatkan kurikulum tingkat satuan pendidikanxiii
untuk meningkatkan profesionalisme, strategi pembelajaran, pengayaan dan remedial
teaching serta evaluasi hasil belajar peserta didik. -
Implikasi dari hasil penelitian ini dapat meningkatkan kinerja guru dengan
pengawasan kepala sekolah sehingga penjabaran kurikulum (KTSP) betul betul dapat
disampaikan kepada peserta didik melalui guru PAI.diharapkan semua guru sudah
ikut sertipikasi agar proses pembelajaran disekolah mengalami kemajuan dan
peningkatan yang signifikan
Tidak tersedia versi lain