Text
TESIS:Peranan Motivasi dalam Meningkatkan Kinerja Guru di SMP Negeri 6 Tolitoli.
Tesis ini membahas tentang masalah Peranan Motivasi dalam Meningkatkan
Kinerja Guru di SMPN 6 Tolitoli. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan
peran motivasi dan kinerja guru pada SMPN 6 Tolitoli, untuk mengetahui dampak
kinerja guru di SMPN 6 Tolitoli, dan untuk mengetahui faktor apa yang mendukung
dan menghambat dalam meningkatkan kinerja guru pada SMPN 6 Tolitol.
Untuk memperoleh jawaban dari permasalahan tersebut, penulis
menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode pendekatan pedagogis,
sosiologis, fsikologis, dan yuridis. Informan/obyek penelitiannya adalah, kepala
sekolah dan guru, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan
dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan; reduksi data, penyajian data dan
verifikasi data.
Berdasarkan penelitian penulis, bahwa motivasi guru pada SMPN 6 Tolitoli
dapat dilihat dari motivasi intrinsik dan ekstrinsik, lebih meningkat lagi dalam proses
pembelajaran dari pihak guru, bila dapat menggunakan pendekatan komunikasi,
keharmonisan, perencanaan,dan evaluasi, utamanya motivasi dari kepala sekolah
didalam memberikan semangat terhadap kinerja guru. Dampak kinerja guru dapat
ditinjau dari dua segi, segi hasil dan dari segi proses. Faktor lingkungan, kurikulum,
guru wali kelas, peserta didik adalah faktor utama dalam mendukung motivasi kinerja
guru, juga harus dikatakan bahwa hal tersebut menjadi hambatan dalam proses
kinerja di sekolah, oleh karena itu dibutuhkan kerja sama yang baik dengan
melakukan komunikasi, koordinasi dan evaluasi.
Implikasi dari penelitian ini adalah;perlu adanya usaha-usaha yang mendorong
guru kearah sikap inisiatif, kreatif dan inovatif, hal ini diharapkan kebijakan dan
komitmen kepala sekolah untuk memberikkan kesempatan sebesar-besarnya kepada
setiap guru untuk menyampaikan gagasannya yang berkaitan dengan tugasnya, dan
memberikan peluang kepada guru untuk lebih meningkatkan profesinya, dan
memaksimalkan fungsionalisasi kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kinerja
guru dengan selalu memberikan; motivasi, insentif, harapan dan penghargaan atas
segala upaya yang guru kerjakan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan
kontribusi positif dalam mengembangkan penelitian selanjutnya dan dapat menambah
khasanah kekayaan intelektual. Di samping itu penelitian ini dalam
pengembangannya dapat menemukan ide atau gagasan baru yang konstruktif dalam
membangun dan meningkatkan motifasi kinerja kearah yang baik. Ide atau gagasan
itu tentunya dibarengi dengan aksi dilapangan agar apa yang menjadi tujuan
penelitian ini terealisasi sebagaimana mestinya.
Tidak tersedia versi lain