Text
TESIS:Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMK Negeri 2 Raha
Tesis ini membahas ‚Dampak Kegiatan Ekstrakurikuler Pendidikan Agama
Islam dalam Pembinaan Akhak Peserta Didik di SMK Negeri 2 Raha‛. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran akhlak peserta didik di SMK
Negeri 2 Raha, untuk mengetahui bentuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler di
SMK Negeri 2 Raha, dan untuk mengetahui dampak kegiatan ekstrakurikuler
pendidikan agama Islam terhadap pembinaan akhlak peserta didik di SMK Negeri 2
Raha.
Lokasi penelitian di SMK Negeri 2 Raha. Teknik pengelohan data dengan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan adalah
pendekatan teologis-normatif, pedagogis, psikologis, dan sosiologis. Adapun sumber
data terbagi atas data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari informan di
lapangan, yaitu kepala sekolah, guru, dan peserta didik, serta data sekunder yaitu
sumber yang tidak langsung dari informan, yaitu dokumen-dokumen, profil sekolah,
data tenaga kependidikan, data peserta didik, serta unsur penunjang pendidikan
lainnya. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, display
data, verifikasi data, editing data dan tabulating data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa akhlak peserta didik SMK Negeri 2
Raha berdasarkan hasil observasi dan wawancara tergolong tidak sesuai harapan
yang diinginkan oleh semua pihak. Bentuk pembinaan kegiatan ekstrakurikuler
keagamaan SMK Negeri 2 Raha terbagi atas 3 bagian, yaitu kegiatan harian/
mingguan yang terdiri atas tadarus diawal jam pelajaran, salat sunah Duha dan
Zuhur, salat Jumat berjemaah, Jumat bersih, seni baca Quran. Adapun kegiatan
bulanan terdiri atas infaq dan kajian Islami. Adapun kegiatan tahunan terdiri dari
peringatan hari-hari besar Islam dan pondok Ramadan. Kegiatan ekstrakurikuler
pendidikan agama Islam memiliki dampak positif terhadap perilaku/akhlak peserta
didik yang tercermin dari antusias peserta didik dalam mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler keagamaan cukup bagus karena peserta didik mengikuti kegiatan
ekstrakurikuler atas kemauan sendiri, peserta didik lebih disiplin dalam
melaksanakan salat berjemaah, dan tumbuhnya kepekaan sosial terhadap sesama
manusia.
Implikasi dari penelitian ini yaitu hendaknya kepada pihak sekolah untuk
menjadikan akhlak sebagai orientasi utama dan pertama di dalam penilaian dengan
diimbangi oleh kapasitas intelektual peserta didik. Kegiatan ekstrakurikuler PAI
agar tetap dipertahankan dan ditingkatkan lagi bagi pihak sekolah. Melihat adanya
dampak yang positif dari kegiatan ekstrakurikuler PAI di SMK Negeri 2 Raha, maka
perlu dijadikan sebagai acuan pengembangan kegiatan ekstrakurikuler di SMK
Tidak tersedia versi lain