Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of TESIS:Kontribusi Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SD Negeri 03 Manado
Penanda Bagikan

Text

TESIS:Kontribusi Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03 Manado

Sahari Rauf - Nama Orang;

Penelitian ini mengkaji tentang kontribusi penggunaan media dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03 Manado. Penelitian ini
bertujuan untuk: 1) Mengetahui bentuk kontribusi penggunaan media dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03 Manado, 2) Mengetahui,
mengidentifikasi, dan mengungkapkan faktor pendukung dan penghambat penggunaan
media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03 Manado, dan 3)
Menganalisis, menemukan, dan merumuskan upaya solutif terhadap faktor penghambat
penggunaan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03
Manado.
Jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Pendekatan penelitian yang
digunakan adalah pendekatan pedagogis, psikologis, yuridis, dan manajerial. Sumber
data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru
Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Metode pengumpulan data dilakukan
melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengolahan data dalam penelitian
ini berlangsung bersamaan dengan proses pengumpulan data melalui reduksi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bentuk kontribusi penggunaan media dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 03 Manado adalah pembelajaran
yang menggunakan media berbasis teknologi dalam prosesnya, seperti: laptop, LCD,
dan tab screen sebagai media pembelajaran. Indikator keberhasilan kontribusi media
pembelajaran meliputi minat peserta didik meningkat, pembelajaran lebih efektif
dan meningkatkan prestasi belajar. Faktor pendukung meliputi: menggunakan
KTSP, sarana dan prasarana, kreativitas guru Pendidikan Agama Islam, dan dua dari
tiga guru sudah mampu menggunakan media pembelajaran. Sedangkan yang menjadi
faktor penghambat adalah kuantitas peralatan belum memadai, kunjungan dari luarxvi
sekolah ke SD Negeri 03 Manado sebagai akibat dari status Rintisan Sekolah
Berstandar Internasional, aliran listrik sering padam, masih ada guru yang belum
mampu menggunakan media dengan baik dan waktu yang tersedia kurang. Solusi
yang telah dilakukan untuk mengatasi faktor penghambat meliputi: pelatihan bagi guru
tentang peningkatan kemampuan dan keterampilan mengoperasikan media
pembelajaran, bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk mengusulkan kepada
pemerintah untuk dapat memberikan perangkat tambahan baru, menjalin kerjasama
dengan komite sekolah untuk menghimpun dana secara sukarela melalui iuran orang
tua, dan guru Pendidikan Agama Islam diharapkan meningkatkan kemampuan baik
secara teknis maupun teoretis tentang penggunaan media pembelajaran yang inovatif
dan kreatif secara mandiri.
Implikasi dari penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Pendidikan
Agama Islam di SD Negeri 03 Manado hendaknya memiliki komitmen yang sama
untuk meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Negeri
03 Manado melalui penggunaan media berbasis teknologi. Peningkatan kemampuan
guru dan kuantitas perangkat media sebagai penunjang pembelajaran Pendidikan
Agama Islam di SD Negeri 03 Manado dilaksanakan dengan perencanaan yang lebih
terarah dan pelaksanaan yang berkelanjutan, sehingga dapat menuju ke arah yang
lebih baik. Perbaikan kualitas dan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam perlu
dilakukan terus menerus sesuai dengan tuntutan zaman dan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, sebagai upaya perbaikan prestasi belajar peserta didik


Ketersediaan
#
Pascasarjana (KUNJUNGI PERPUS PACSA RUANG KARYA ILMIAH) 2X7
80100210103
Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - Repair
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
2X7
Penerbit
PASCASARJANA UINAM : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM., 2012
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
2X7
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • DOWNLOAD
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Perpustakaan Pascasarjana UIN Alauddin - Hacked By OreoGans
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik
Kemana ingin Anda bagikan?