Text
TESIS:Pola Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Nurut Taqwa Manado
Masalah yang dibahas dalam tesis ini adalah ‚Pola Kepemimpinan Kepala
Madrasah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di MTs Nurut Taqwa Manado‛.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kinerja pimpinan kepala MTs
Nurut Taqwa Manado, 2) untuk merumuskan implementasi kepemimpinan Kepala
Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurut Taqwa Manado, 3)
untuk menemukan dan mengungkapkan faktor-faktor yang mendukung dan
menghambat serta solusinya dalam implementasi kepemimpinan kepala Madrasah
dalam meningkatkan kinerja guru di MTs Nurut Taqwa Manado 4) untuk
menganalisis wujud kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja
guru di MTs Nurut Taqwa Manado.
Demi mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas maka penulis
melakukan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan antar disipliner
yaitu pedagogis, psikologis, teologis, yuridis dan manajemen. Jenis penelitian ini
adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data dalam bentuk
observasi, dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis
secara berkesinambungan dengan cara mereduksi data, display data dan verifikasi
data.
Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasilnya
menunjukkan bahwa implementasi kepemimpinan kepala Madrasah dalam
meningkatkan kinerja guru di MTs Nurut Taqwa Manado termasuk dalam kategori
baik. Hal ini terbukti dengan adanya: 1) kinerja guru yang meningkat. 2) pola
kepemimpinan yang demokratis kepala madrasah mendorong kinerja guru di MTs
Nurut Taqwa Manado. 3) sikap keteladanan, partisipasi, kebersamaan, kepatuhan
dan kerelaan berkorban, sangat dibutuhkan dalam mendukung pelaksanaan pola
kepemimpinan terhadap kinerja guru di MTs Nurut Taqwa manado 4) motivasi
kinerja guru di MTs Nurut Taqwa Manado relatip baik terlihat beberapa indikasi,
ingin berprestasi lebih baik dari guru yang lainnya, merasa malu meninggalkan
pekerjaan tanpa alasan yang jelas, tanggung jawab yang tinggi, dan pelaksanaan
pembelajaran berjalan dengan baik.xx
Implikasi penelitian memperhatikan perlunya seorang pemimpin mendukung
bawahannya dengan memotivasi mereka dengan beberapa hal yang perlu di
rekomendasikan untuk diterapkan oleh pengelola pendidikan dan guru madrasah
diantaranya; (a) seorang pemimpin kepala madrasah harus memiliki pola
kepemimpinan yang variatif, artinya kemampuan seorang pemimpin menyesuaikan
diri dengan kondisi atau lingkungan yang dipimpinnya. (b) perilaku kepemimpinan
yang perlu mendapat perhatian utama adalah sikap keteladanan, partisipatif,
kerelaan berkorban, kebersamaan dan kepatuhan serta pasilitas sangat dibutuhkan
dalam mendukung pelaksanaan pola kepemimpinan (3) diharapkan setiap pimpinan
segera mengevaluasi kembali pola kepemimpinannya selama ini, dan berusaha
mempertahankan, bahkan kalau perlu ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang
mampu menunjang peningkatan kinerja guru. Selain itu, upaya maksimal yang telah
dilakukan kepala Madrasah perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi
sumber daya pendidikan yang ada guna peningkatan kinerja guru secara
berkelanjutan. Dukungan seluruh aspek pendidikan hendaklah sejalan dengan
program kepemimpinan kepala Madrasah terutama dalam hal peningkatan kinerja
guru.
Tidak tersedia versi lain