Text
TESIS:Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar di Kecamatan Wenang Kota Manado
Tesis ini membahas tentang Kreativitas guru Pendidikan Agama Islam (PAI)
dalam menggunakan media pembelajaran di Sekolah Dasar (SD) yang ada di
Kecamatan Wenang Kota Manado.Tujuan penelitian adalah untuk menggambarkan
kreativitas guru PAI di SD se Kecamatan Wenang Kota Manado dalam penggunaan
media pembelajaran. Untuk menggambarkan faktor-faktor yang menjadi pendukung
dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran. Untuk mengetahui hasil
kreatvitas guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan jenis penelitian dekriptif
kualitatif, dan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi dari informan yang dianggap dapat memberikan data
yang akurat, dengan lokasi penelitian di Sekolah Dasar (SD) baik negeri maupun
swasta yang ada di Kecamatan Wenang Kota Manado.
Hasil penelitian tesis ini bahwa ternyata kreativitas yang dilakukan guru PAI
adalah menyiapkan perangkat pembelajaran, memberikan bimbingan kepada peserta
didik dalam memahami materi pelajaran dan kegiatan yang besifat ekstrakurikuler.
Faktor pendukung tidak semuanya terdapat di setiap sekolah yang ada di Kecamatan
Wenang Kota Manado. Penghambat adalah tidak adanya perhatian dari sebagian
pimpinan lembaga pendidikan dan pihak lainnya yang menyebabkan proses
pembelajaran tidak berhasil untuk mencapai tujuan pembelajaran bidang studi PAI.
Guru bidang studi PAI di Kecamatan Wenang Kota Manado, menunjukan hasil yang
baik dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media yang
telah tersedia, atau yang diusahakan sendiri oleh guru yang bersangkutan. Media
yang digunakan tersebut baik dalam bentuk audio visual maupun perangkat
elektronik lainnya sesuai dengan materi pembelajaran PAI. Faktor pendukung dalam
penggunaan media pembelajaran bidang studi PAI adalah tersedianya dana untuk
pengadaan media pembelajaran yang dibutuhkan dan dukungan kepala sekolah, guru
PAI mampu dan menguasai penggunaan media pembelajaran, dan tersedianya
penunjang dalam praktek pembelajaran.xii
Implikasi dari penelitian adalah; diharapkan kepada Kementerian Agama
Kota Manado memberikan perhatian tentang tersedianya guru PAI SD di Kecamatan
Wenang. Karena tersedianya guru bidang studi PAI masih kurang dan terdapat SD
Negeri yang tidak memiliki guru PAI. Kepada guru PAI di Kecamatan Wenang lebih
meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran PAI. Karena sebahagian kecil masih
kurang kreativitas dalam menggunakan media pembelajaran elektronik. Kreativitas
lainnya yang perlu ditumbuhkan adalah mengupayakan media pembelajaran yang
sesuai dengan materi pelajaran PAI. Dukungan dari semua pihak diperlukan dalam
pengadaan media pembelajaran di lembaga pendidikan yang membutuhkannya
termasuk guru. Keberhasilan dalam setiap kegiatan pembelajaran sangat penting
untuk tujuan pembelajaran PAI. Guru yang profesional adalah guru yang berupaya
semaksimal mungkin menemukan hal yang baru, berdasarkan ide-ide yang
dihasilkannya yang berkaitan dengan media pembelajaran walaupun bersifat
sederhana
Tidak tersedia versi lain