Text
TESIS:Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada SMP Negeri I Masamba Kab. Luwu Utara
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran obyektif mengenai
Penerapan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam Meningkatkan Mutu
pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) pada SMP Negeri I Masamba Kab.
Luwu Utara. Dikembangkan dalam tiga permasalahan pokok, yakni: proses
Penerapan KTSP dalam Meningkatkan Mutu pembelajaran PAI; faktor pendukung
dan faktor penghambat dalam penerapan KTSP, dan hasil penerapan kurikulum
tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan dan jenisnya adalah penelitian
kualitatif dengan menggunakan pendekatan teologis-normatif, pedagogis dan
psikologis, informan terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, 3 guru PAI
dan peserta didik. Untuk memperoleh data digunakan metode observasi, wawancara,
studi dokumentasi. Analisis data dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan
kesimpulan atau verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, penerapan KTSP dalam meningkatkan
mutu pembelajaran PAI pada SMP Negeri I Masamba dari segi kesiapan guru
sebagai pelaksana kurikulum belum maksimal dalam menerapkan kurikulum tersebut
karena ada beberapa hambatan, baik dari segi kemampuan guru mengembangkan
kurikulum maupun dalam merencanakan pembelajaran serta lemahnya kemampuan
guru dalam melakukan penilaian secara mandiri atau berkelanjutan. Adapun
pelaksanaan pembelajaran KTSP sudah cukup baik, walaupun masih banyak
kekurangan terutama cara guru mengaktifkan peserta didik dengan menggunakan
metode pembelajaran dan pemberdayaan sumber belajar.
Implikasi dari penelitian diharapkan peningkatan guru-guru PAI dalam
penerapan KTSP dalam meningkatkan mutu pembelajaran pendidikan agama Islam
(PAI) pada SMP Negeri I Masamba Kab. Luwu Utara sehingga peserta didik dapat
meningkatkan tiga ranah aspek pendidikan kognitif, afektif dan psikomotorik.
Tidak tersedia versi lain