Text
TESIS: Peranan Guru Pendidikan Agama IslamTerhadap Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik KelasVIII SMP Negeri 1 Poleang Kabupaten Bombana
Tesis ini menganalisis Peranan Guru Pendidikan Agama Islam terhadap
Peningkatan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Poleang
Kabupaten Bombana. Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui
peranan guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 1 Poleang Kabupaten Bombana,
(2) Untuk mengetahui gambaran tentang peningkatan prestasi belajar Pendidikan
Agama Islam peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Poleang Kabupaten Bombana
(3) Untuk mengetahui pengaruh peranan guru Pendidikan Agama Islam terhadap
peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Poleang
Kabupaten Bombana, (4) Untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat
serta solusi yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam terhadap meningkatkan
prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Poleang Kabupaten Bombana.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pendekatan yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pendekatan studi meliputi pendekatan yuridis,
pedagogik, psikologis dan teologis-normatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu
seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Poleang Kabupaten Bombana yang
berjumlah 115 orang sedangkan sampelnya yaitu 54 responden dengan teknik
random. Pengumpulan data dalam penelitian dengan menggunakan angket,
observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data dengan menggunakan
teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan membandingkan rhitung dengan rtabel.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Peranan
guru Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Poleang dilihat dari berbagai aspek
penilaian berada pada kategori tinggi, dengan jumlah frekuensi 686 dengan
persentase 78,49%. (2) Peningkatan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 1 Poleang dilihat dari data nilai rapor pada semester 1,
xv16
2 dan 3 berada pada kategori sedang (cukup), dengan jumlah prekuensi 29 atau
persentase 53,70%. (3) pengaruh peranan guru Pendidikan Agama Islam terhadap
peningkatan prestasi belajar peserta kelas VIII di SMP Negeri I Poleang Kabupaten
Bombana memiliki nilai korelasi R= 0,482. Pengaruh kedua variabel tersebut
menghasilkan koefisien determinasi yaitu sebesar 23,2% sedang sisanya sebesar
76,8% dipengaruhi oleh faktor lain.(4) Faktor pendukung peranan guru Pendidikan
Agama Islam di SMP Negeri 1 Poleang yaitu kedisiplinan guru, sarana dan
prasaranan. Adapun penghambatnya adalah terbatasnya waktu dalam proses
pembelajaran, Kurangnya perhatian orang tua peserta didik terhadap anaknya di
sekolah. Solusi untuk mengatasi hambatan tesebut adalah 1) Kalau materinya padat
bisa diatasi dengan menyelesaikan kompetensi yang paling esensial dan kurang
esensial, 2) Mengadakan kerjasama guru, peserta dididik, orang tua peserta didik,
dan masyarakat sekitarnya.
Implikasi penelitian ini adalah (1) Kepada kepalah sekolah dan pihak yang
terkait supaya berusaha meningkatkan sumber pembelajaran di SMP Negeri 1
Poleang Kabupaten Bombana, khususnya untuk mata pelajaran Pendidikan Agama
Islam. (2) Kepada para guru SMP Negeri 1 Poleang Kabupaten Bombana khususnya
guru Pendidikan Agama Islam lebih meningkatkan peranannya agar hasil belajar
peserta didik juga lebih meningkat. (3) Kepada seluruh peserta didik SMP Negeri 1
Poleang Kabupaten Bombana supaya belajar dengan sungguh-sungguh agar hasil
belajar yang dicapai lebih berkualitas
Tidak tersedia versi lain