Text
TESIS:Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Remedial Pada Peserta Didik Kelas 2 SMP Negeri 1Tolitoli
Tesis ini membahas tentang Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan
Agama Islam Melalui Pendidikan Remedial pada Peserta Didik Kelas 2 SMP Negeri
1 Tolitoli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan hakikat
Pendidikan Agama Islam di Sekolah, maupun strategi penerapan pendidikan
remedial dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI).
Permasalahan pokok penelitian ini diuraikan dalam sub masalah sebagai berikut: 1)
Bagaimana hakikat pelaksanaan pendidikan remedial Pendidikan Agama Islam (PAI)
di kelas 2 SMP Negeri 1 Tolitoli, 2) Bagaimana strategi penerapan pendidikan
remedial dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada
peserta didik kelas 2 SMP Negeri 1 Tolitoli, 3) Faktor-faktor penghambat apa saja
dalam pelaksanaan pembelajaran remedial Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas 2
SMP Negeri 1 Tolitoli dan apa saja solusinya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif
dengan menggunakan metode pendekatan pedagogis, psikologis dan sosiologis. Data
penelitian dikumpulkan melalui riset lapangan atau observasi, teknik dokumentasi,
serta wawancara mendalam terhadap sejumlah informan penelitian, seperti guru PAI,
Kepala Sekolah dan Siswa.
Proses pengolahan data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data
(data display), dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Selanjutnya data-data tersebut
dimaknai atau dideskripsikan secara kualitatif dalam bentuk kata-kata sesuai dengan
jenis penelitian ini, yaitu deskriptif kualitatif. Dalam rangka uji validitas data,
penulis mencocokkan serta membandingkan data dari berbagai sumber, baik data
dalam bentuk tuturan lisan (hasil wawancara) maupun data melalui pengamatan
langsung atau observasi dan dokumentasi (data tertulis).
Berdasarkan data dan analisis hasil penelitian telah dapat dideskripsikan
sejumlah fakta serta fenomena yang berkaitan dengan masalah serta tujuan
penelitian. Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam telah dijalankan berdasarkan
kurikulum PAI melalui Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dengan
mengacu pada penilaian berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM-PAI).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pelaksanaan remedial PAI di Kelas 2
SMPN 1 Tolitoli telah relatif baik namun hasil belajar PAI siswa dapat dikatakan
belum optimal.
Upaya peningkatan hasil belajar PAI telah diterapkan melalui pembelajaran
remedial antara lain melalui metode pemberian tugas secara individu maupun
kelompok, dan diperkuat dengan pola bimbingan khusus dari guru serta dorongan
motivasi belajar, terutama bagi siswa yang betul-betul mengalami kesulitan belajar.
Di samping terdapat sejumlah factor pendukung pelaksanaan pendidikan
remedial, seperti kemampuan guru, sarana dan prasarana yang cukup memadai, serta
lingkungan sekolah yang relatif kondusif, namun terdapat pula sejumlah factor
penghambat, seperti kurangnya dana, kemampuan metodologis guru, maupunmotivasi dan kesulitan-kesulitan belajar yang dialami oleh siswa itu sendiri, berikut
dukungan keluarga, orang tua/wali murid yang masih harus dioptimalkan.
Hasil wawancara terhadap upaya-upaya peningkatan hasil belajar siswa telah
dilakukan berbagai cara, misalnya melalui workshop peningkatan kompetensi guru,
pengaktifan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), maupun pengiriman guru
ke berbagai kesempatan pelatihan, baik di tingkat kabupaten maupun tingkat
provinsi, bahkan ke tingkat nasional. Di samping itu penyiapan sarana maupun
prasarana serta media pembelajaran senantiasa terus ditingkatkan. Komunikasi dan
koordinasi dan kerjasama antar sekolah dengan pihak pengurus komite sekolah juga
tetap digalakkan.
Adapun implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat semakin meningkatkan
pelaksanaan pembelajaran remedial di sekolah dalam rangka mengatasi serta
membantu siswa untuk meningkatkan hasil belajar maupun mengatasi kesulitankesulitan belajar yang dialaminya. Hasil penelitian ini dapat pula menjadi masukan
bagi semua pemangku kepentingan pendidikan untuk lebih memacu kinerja dan
mendorong tanggung jawab bersama terutama bagi pemenuhan hak-hak siswa yang
tergolong lambat peningkatan prestasi belajarnya agar dapat lebih mengetahui serta
dapat memperbaiki hasil belajar, dan yang paling utama dapat mengatasi berbagai
kekurangan serta kesulitan-kesulitan belajar yang dialami
Tidak tersedia versi lain